FORMATIVE FEEDBACK SEBAGAI PENDAMPING BELAJAR SISWA UNTUK MEMAHAMI KONSEP HUKUM NEWTON
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. (2012). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill
Baird, J. A., Andrich, D., Hopfenbeck, T. N., & Stobart, G. (2017). Assessment and learning: fields apart?, Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 24(3), 317–350. https://doi.org/10.1080/0969594X.2017.1319337
Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 10(2), 020119.
Gustina, G., Kamaluddin, K., Ali, M., & Syamsuriwal, S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNTAD. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 8(1)
Hervianto, A. T., Lumbu, A., Studi, P., Fisika, P., Cenderawasih, U., & Newton, H. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Hukum Newton pada Mahasiswa Calon Guru Fisika Universitas Cendrawasih Tahun Akademik 2017/2018, Papua Journal of Physics Education, 01(01), 1–7.
Wiyoko, T., & Hidayat, P. W. (2020). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa PGSD dengan Metode Certainty of Response Index (CRI) Melalui Fitur Quis Edmodo. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 680–688. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.375
Hijriani, H., & Hatibe, H. A. (2021). Analisis kesulitan belajar dalam memecahkan masalah fisika pada materi hukum newton tentang gerak. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 9(1), 45-49.
Juita, D., & Yusmaridi, M. (2019). Pengaruh Asesmen Portofolio Disertai Pemberian CostructiveFeedback. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(1), 34-39.
Juliartini, N. M., Hatibe, A., & Darsikin. (2020). Analisis Kesulitan siswa SMA dalam memahami konsep hukum newton. Musamus Journal of Sciense Education, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.35724/mjose.v2i2.3025
Kusairi, S. (2013). Analisis Asesmen Formatif Fisika Sma Berbantuan Komputer. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(0), 68–87. https://doi.org/10.21831/PEP.V16I0.1106
Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 61-67. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325
Lingga, A., Sari, R., & Taufiq, A. (2018). Pemahaman konsep dan kesulitan siswa SMA pada materi hukum newton. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), 1323–1330.
Malik, A., Rosidin, U., Ertikanto, C. (2018). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills Fisika SMA Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Lentera Pendidika Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 3(1), 1–92.
Nadhiif, M. A., Diantoro, M., & Sutopo. (2015). Tes Isomorfik Berbasis Komputer untuk Diagnostik Miskonsepsi Diri pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 58–67.
Nur’aini, D. A., Lestari, P. D., & Kurniawan, B. R. (2020). Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer untuk Mengetahui Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Bernoulli. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 106–112.
Nurinsani, E. A., Kurniasih, N., Nurdini, N., Herawati, A., Ariantara, R. G., Sholihat, F. N., Susanti, H., Nugraha, M. G., & Kirana, K. H. (2017). Optimalisasi Eksperimen Kereta Dinamika: Aplikasi Tracker Vs Ticker Timer untuk Mengurangi Miskonsepsi Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Prodising Seminar Nasional Fisika (SNF) VI, (p. 28) https://doi.org/10.21009/03.snf2017.01.eer.04
Rachmawati, T. N., & Supardi, Z. A. I. (2021). Analisis Model Conceptual Change Dengan Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA: Journal of Science Education, 5(2), 133–142. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.133-142
Rahmawati, D. U., Jumadi, Kuswanto, H., & Oktaba, I. A. (2020). Identification of students’ misconception with isomorphic multiple choices test on the force and newton’s law material. Journal of Physics: Conference Series, 1440(012052). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012052
Rahmawati, I. L., Hartono, & Nugroho, S. E. (2016). Pengembangan Asesmen Formatif untuk Meningkatkan Kemampuan Self Regulation Siswa Pada Tema Suhu dan Perubahannya. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1418–1423.
Respatiningrum, N., Radiyono, Y., & Wiyono, E. (2015). Analisis Miskonsepsi Materi Fluida pada Buku Ajar Fisika SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1), 313–317.
Rusilowati, A., Susanti, R., Sulistyaningsing, T., Asih, T. S. N., Fiona, E., & Aryani, A. (2021). Identify misconception with multiple choice three tier diagnostik test on newton law material. Journal of Physics: Conference Series, 1918(052058). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052058
Sandra, E., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton Di Sma Negeri 3 Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10), 1–8.
Shofiyah, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Modified Free Inquiry untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa pada Materi Fluida. Science Education Journal, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.836
Sholikah, A., Febriyanti, D. S., & Kurniawan, B. R. (2020). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Menggunakan Quizziz Pada Pokok Bahasan Optika Geometri. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 27-35. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.4152
Shute, V. J. (2008). Focus on formative feedback. Review of Educational Research, Journal of Instructional Psychology, 78(1), 153–189. https://doi.org/10.3102/0034654307313795
Sofianto, E. W. N., Wartono, W., & Kusairi, S. (2016). Pengaruh Balikan Formatif Terintergrasi Strategi Pembelajaran Diagram Vee Dan Kemampuan Awal Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 183–188. https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.4269
Sufiani, Y., Erniwati, E., & Fisika, R. E.-J. P. P. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik dengan Instrumen Four-Tier Diagnotict Test. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 4(1), 35–43.
Sukmawa, O., Rosidin, U., & Sesunan, F. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance Assessment) Praktikum Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 116-129. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1397
Suryaningsasi, Kusairi, S., & Wisodo, H. (2018). Penguasaan Konsep Siswa pada Model Pembelajaran Interactive Demonstration disertai Formative Feedback. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1477–1482.
Widiyanto, A., Sujarwanto, E., & Prihaningtiyas, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Instrumen Four Tier Diagnostic Test pada Materi Gelombang Mekanik. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 138–146.
Wijayanti, E., & Mundilarto, M. (2015). Pengembangan Instrumen Asesmen Diri Dan Teman Sejawat Kompetensi Bidang Studi Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 129–144. https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5572
Wulandari, M., & Erawati, N. (2020). Analisis Miskonsepsi pada Siswa SMA dalam Materi Hukum Newton. Jurnal Kependidikan Betara (JKB), 1(5), 226–231.
DOI: http://dx.doi.org/10.62870/nebula.v1i2.31282
Refbacks
- There are currently no refbacks.