Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA

Hazza Isnaeni MA, Yuyu Yuhana, Ria Sudiana

Sari


Penelitian ini di latarbelakangi oleh pentingnya bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa siswa untuk belajar di manapun dan kapanpun. Penelitian ini mengembangkan suatu produk bahan ajar buku saku matematika yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall sampai pada 7 tahapan. Penilaian produk dilakukan oleh ahli dan siswa. Ahli yang menilai produk ini merupakan ahli materi matematika, ahli pendidikan dan ahli media. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah 24 siswa kelas XI dari  SMAN 8 Kab. Tangerang, SMAN 2 Banjar, dan SMAN 1 Merawang. Penilaian produk dan penilaian minat belajar menggunakan instrumen non tes berupa angket, dan penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan instrumen tes dengan memberikan soal pretest dan posttest. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan: 1) Merancang dan membangun buku saku matematika yang mencakup minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) Produk yang dibuat siap digunakan untuk pembelajaran matematika atau dikembangkan kembali pada penelitian selanjutnya; 3) Terdapat peningkatan minat belajar siswa dengan interprestasi tinggi; 4) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan interprestsi sedang.

Kata Kunci: Bahan Ajar Buku Saku Matematika, Minat Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i1.10658

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika