Pengembangan Media Pembelajaran Geometry Berbasis Augmented Reality

Mazroatul Ulum, Ria Sudiana, Fakhrudin Fakhrudin

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnnya media pembelajaran guna menciptakan kegiatan pembelajaran yang bermakna sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematisnya. Penelitian ini merupakan  penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Waterfall yang terdiri dari empat tahapan. Penelitian ini mengembangkan produk berupa media pembelajaran bangun ruang dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR) yang diberi nama Spin of Geometry (SoG), Produk tersebut terbagi menjadi dua komponen yaitu Marker Spin dan Aplikasi Scanner. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk penilaian validasi, respon siswa,  kepraktisan guru, dan instrumen tes berupa untuk mengukur tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa. Penilaian validasi produk dilakukan oleh ahli pendidikan matematika dan ahli media dengan masing-masing berjumlah tiga orang. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas VIII SMP YP 17 ‘2’ CILEGON. Berdasarkan analisis data dan pembahasan didapatkan kesimpulan : 1) nilai validasi uji ahli media sebesar 81% dengan kategori sangat valid; nilai validasi uji ahli pendidikan matematika sebesar 77% dengan kategori valid; 3) respon siswa mendapatkan kategori baik dengan persentase sebesar 72%; 4) penilaian kepraktisan media pembelajaran sebesar 90% dengan kategori sangat baik; dan 5) Media pembelajaran SoG dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan nilai N-Gain 0,42 dan kategori sedang.



DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.11772

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika