PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA
Sari
Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pencapaian akhir kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, (3) mengetahui pencapaian akhir self-regulated learning siswa dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, (4) mengetahui peningkatan self-regulated learning siswa dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, (5) mengetahui korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self-regulated learning siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed method) dengan desain concurrent embedded. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Nergri 4 Kota Serang. Sampel menggunakan teknik purposive sampling, dikelas VII E (kelas eksperimen) dengan model pembelajaran problem besed learning dan kelas VII I (kelas kontrol) dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan komunikasi matematis, instrumen non tes berupa skala self-regulated learning, lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi serta peneliti itu sendiri.
Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Regulated Learning
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aji, B. S. (2015). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Ekuivalen – Pendidikan Matematika, 17(1), 25 – 30.
Alziania, A, E., Cawista., dan Noer, S, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 4(2).
Darr, C., & Fisher, J. (2004). Self-Regulated Learning in Mathematics Class. Conference Paper.
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI, (1), 76 – 89.
Fitriyani.,Noer,S,H., dan Guunowibowo, P. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Investigasi.
Haerudin. (2013). Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Infinity: Jurnal ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 183 – 193.
Kamal, S. (2015). Implementasi Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika,, 1(1), 56 – 64.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama Bandung.
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2018). PISA 2015 Results in Focus, 1 – 32. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf
Prayitno, A. T. (2014). Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fslc Bernuansa Kontruktivisme Pada Materi Turunan Fungsi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Eulid, 1(1), 22 – 32.
Rini, S. A., Bharata, H., & Noer, S. H. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Pembelajaran, 5(2).
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo.
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqih dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 190 – 220.
Sari, L & Rahadi, M. (2017). Problem Based Learning: Upaya Meningkatkan Kemampuan Kounikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 143-150.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sulistiyaningsih., Budiyono., & Purwoko, R. Y. (2014). Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Metematika Siswa SMP Negeri 27 Purworejo. Ekuivalen - Pendidikan Matematika, 10(1), 33 – 38.
Syahri, A. A. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistik Setting Kooperatif terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2): 216 – 235.
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i3.11788
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika