ANALISIS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GEOMETRI RUANG

Retno Wulandari, Suwarto Suwarto, Novaliyosi Novaliyosi

Sari


Online learning atau yang disebut pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang membutuhkan jaringan internet dengan memanfaatkan aplikasi sepertimedia social, google classroom, google meet, zoom. Proses pembelajaran yang  menitikberatkan peserta didik untuk dapat menyelesaikan pemecahan masalah, guna mengembangkan pengetahuan dan keterampilan merupakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis proses pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan model pembelajaran discovery learnig. Kesimpulan yang didapat adalah penggunaan belajar secara daring masih mengalami kendala, seperti jaringan internet yang tidak stabil, kesulitan siswa dalam bergabung dengan google meet, kurang disiplin siswa dalam mengaktifkan kamera. Walaupun memeliki kendala dalam pembelajaran daring namun model pembelajaran discovery learning dapat diterapkan dengan baik, hal ini terlihat dari hasil pekerjaan siswa dalam menjawab soal dengan baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ana, Nabila Yuli. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 18(2): 56.

Ashoumi, Hilyah, Mochammad Syafiuddin Shobirin. 2019. Peningkatan Aktifitas Belajar Mahasiswa dengan Media Pembelajaran Kelas Virtual Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNasTekS).

Ciocan-Fontanine, Ionut, Mikhail Kapranov. 2009. Virtual fundamental classes via dg-manifolds. Geometry and Topology.

Eko Nur Budi. 2017. PENERAPAN PEMBELAJARAN VIRTUAL CLASS PADA MATERI TEKS EKSPLANASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA 1 KUDUS TAHUN 2017 | Nur Budi | Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5720/3710 (2021-7-4).

Ernst, Erik, Klaus Ostermann William R. Cook. 2006. A virtual class calculus. ACM SIGPLAN Notices 41(1): 270–82. https://dl.acm.org/doi/10.1145/1111320.1111062.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula Din Azwar Uswatun. 2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4(4): 861–70.

Rizal, Adhi, Riza Ibnu Adam和Susilawati Susilawati. 2018. Sistem Kelas Virtual dan Pengelolaan Pembelajaran Berbasis 3-Dimensional Virtual World. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN).

Salmi. 2019. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA. JURNAL PROFIT VOLUME 6: 1.

Santoso, Erik. 2019. Kelas Virtual Menggunakan E-Learning Berbasis Edmodo ( Virtual Classes Using E-Learning E Learning Based on Edmodo ). Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics).

Suwarto, Suwarto. 2018. Konsep Operasi Bilangan Pecahan melalui Garis Bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i3.11857

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika