Analisis Pembelajaran Aktif dalam Kelas Daring Matematika SMP pada Materi Pola Bilangan Berdasarkan Auster-Wylie

Indah Khoirun Nisa, Syamsuri Syamsuri, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Sari


Pembelajaran aktif merupakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif pada intelektual dan emosional dalam proses pembelajaran yang dapat menciptakan interaksi dan mengembangkan keterampilan berpikir siswa. Faktor-faktor penghambat penerapan pembelajaran aktif diantaranya adalah kurangnya pemahaman guru tentang konsep pedagogi pembelajaran aktif, kurangnya pelatihan mengenai pembelajaran aktif, dan tidak adanya penyediaan media pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran aktif pada pembelajaran matematika materi pola bilangan berdasarkan dimensi pengaturan konteks, persiapan kelas, penyampaian kelas dan perbaikan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian yang melibatkan 2 guru matematika di SMPN 1 Cilegon. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif berdasarkan dimensi pengaturan konteks, persiapan kelas, penyampaian kelas dan perbaikan berkelanjutan belum maksimal diterapkan. Indikator pertanyaan panduan, mengelola keterlibatan siswa secara efektif, mengenali perbedaan tingkat kenyamanan siswa dan adanya umpan balik merupakan salah satu masalah guru dalam penerapan pembelajaran aktif di kelas.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i3.12503

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika