Konstruksi Konsep Trigonometri Bagi Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS

Tita Puspitasari, Syamsuri Syamsuri, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Sari


Pembelajaran matematika adalah suatu proses konstruksi pengetahuan yang mengaitkan antara konsep matematika satu dengan konsep matematika lainnya. Cara terbaik bagi siswa untuk mulai mempelajari konsep adalah dengan cara mengkonstruksi konsepnya sendiri dan hal-hal yang dipelajarinya. Konstruksi konsep matematika dapat dikaji melalui pemahaman konsep matematis dalam membangun pola pikir siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konstruksi konsep trigonometri bagi siswa SMA berdasarkan Teori APOS. Pendekatan dalam penelitian ini adalah APOS Research Cycle dengan subjek penelitian siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cikande. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tertulis dan wawancara semi terstrukur. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami mekanisme mental yang berbeda – beda dalam mengkonstruksi konsep trigonometri. Penelitian ini juga membuktikan bahwa tahapan interiorization (action menuju process), merupakan tahapan penting dalam mengkonstruksi konsep trigonometri karena mempengaruhi kesempurnaan konstruksi pada tahap selanjutnya, baik pada process, object, maupun schema.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12563

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika