PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN RME MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA SMP

Nurhanifa Nurhanifa, Anwar Mutaqin, Ihsanudin Ihsanudin

Sari


Kebutuhan akan multimedia pembelajaran yang bersifat interaktif dan dapat digunakan siswa dan guru secara mandiri memiliki urgensi tersendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan dari produk multimedia pembelajaran interaktif dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) menggunakan Articulate Storyline pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan Model ADDIE, yang tahapannya terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara, angket validasi ahli media, ahli materi, respon guru, respon siswa  dan soal tes hasil belajar siswa. Subjek yang terlibat yaitu 25 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Serang. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deksriptif kualitatif. Hasil pengembangan multimedia memperoleh penilaian ahli media sebesar 92%, ahli materi sebesar 81,5%, respon guru sebesar 84,44%, respon siswa sebesar 83,91%, dan ketuntasan tes hasil belajar siswa mencapai 72%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif ini dapat dinyatakan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif  untuk digunakan dalam pembelajaran.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika