PENGARUH TINGKAT BURNOUT BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DIMASA PANDEMI COVID-19

Nur Annisa Amalia, Isna Rafianti, Jaenudin Jaenudin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan, hubungan dan pengaruh dari kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa dengan tingkat kejenuhan belajar rendah, sedang dan tinggi dimasa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitiaan kuantitatif, dengan sampel sebanyak 3 kelas XI di SMPN4 Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan pada semeseter ganjil tahun akademik 2021/2022. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal dan angket. Hasil analisis data didapat bahwa: 1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis, dimana jika dilihat secara individu bahwa skor siswa dengan tingkat kejenuhan belajar rendah lebih baik daripada siswa dengan tingkat kejenuhan belajar sedang, skor siswa dengan kejenuhan belajar sedang lebih baik daripada siswa dengan tingkat kejenuhan belajar tinggi dan skor siswa dengan tingkat kejenuhan belajar rendah lebih baik daripada siswa dengan tingkat kejenuhan belajar tinggi dimasa pandemi COVID-19; 2) adanya hubungan negatif antara kejenuhan belajar siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis dimasa pandemi COVID-19; 3) semakin tinggi tingkat kejenuhan belajar siswa maka semakin rendah kemampuan pemahaman konsep matematis. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan, hubungan dan pengaruh dari kemampuan pemahaman konsep matematis dengan tingkat kejenuhan belajar rendah, sedang dan tinggi dimasa pandemi COVID-19.

Referensi


Afifudin. (2012). Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung: Pustaka Setia.

Firmansyah, R. (2012). Efektivitas Teknik Self Instruction untuk Mereduksi Gejala Kejenuhan Belajar Siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. (diakses 4 Januari 2021).

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Holden, J. T., Philip, E. ., & Westfall, J.-L. (2008). An Instuctional Media Selection Guide For Distance Learning. Boston: United States Distance Learning Association.

Kapadia, M. (2001). Daya Ingat: Bagaimana Mendapatkan Yang Terbaik. Jakarta: Pustaka Populer Obot.

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job burnout. Annual Review of Psychology, 52, 397–422. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.397. (diakses 23 Agustus 2021).

Riawan, I. W. E., & dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif tipe TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa. 2(5). (diakses 30 Januari 2021).

Rinawati, D., & Darisman, E. K. (2020). Survei Tingkat Kejenuhan Siswa SMK Belajar di Rumah pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan elama masa Pandemi COVID-19. Journal of Science and Education, 1(1), 32–40. (diakses 27 Januari 2021).

Saiful, N., Rudiyansyah, R., & Aslam, S. L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pendemi COVID-19 (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 86–92. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539. (diakses 15 Maret 2021).

Sari, I. R., Rahmi, & Hafizah, D. (2013). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariangan. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 53(9), 1689–1699. (diakses 30 Januari 2021).

Satgas. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. Tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. (2002). Burnout and Engagement in University Students a Cross-National Study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003. (diakse 23 Agustus 2021).

Siregar, H. S., Sugilar, H., & Hambali, H. (2020). Merekonstruksi Alam dalam Kajian Sains dan Agama Studi Kasus pada Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) Dampak Covid-19. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung. (diakses 4 Januari 2021).

Vitasari, I. (2016). Kejenuhan Belajar ditinjau dari Kesepian dan Kontrol diri Siswa Kelas XI SMAN 9 Yogyakarta. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 7(5), 60–75. (diakses 30 Januari 2021).

Yulianah, L., Ni’mah, K., & Rahayu, D. V. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berbantuan Media Schoology. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i1.863. (diakses 17 Desember 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12959

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika