Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Polya pada Pembelajaran Daring di MTS Lambangsari

Sutiha Kamelia, Aan Hendrayana, Yani Setiani

Sari


Saat ini Pembelajaran disekolah dilakukan secara daring dan luring. Pembelajaran daring dilakukan hampir keseluruh Indonesia sejak awal tahun 2020 akibat wabah corona. Meskipun pembelajaran matematika dilakukan secara daring, tetap harus memperhatikan tujuan pembeajaran matematika salah satunya kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa, namun pada saat ini kemampuan tersebut masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memalui pendekatan Polya pada pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A MTS Lambangsari dengan sampling 3 siswa dengan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah terdapat siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis kategori tinggi sebanyak 30%, kategori sedang 35%, kategori rendah 30%, dan sisanya dalah kategori sangat rendah. 

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika