ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIRTUAL DI SMP

Erwin Yuniyanto, Syamsuri Syamsuri, Aan Hendrayana, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis minat belajar siswa terhadap pembelajaran kelas virtual SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa di SMPN 29 Kota Tangerang kemudian sampelnya ialah siswa kelas VIII dan diambil sampel 4 kelas. Metode Pengumpulan data ini adalah pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa yang disebarkan melalui Google Forms, terdiri dari 20 pernyataan dengan masing-masing 10 pernyataan positif juga 10 pernyataan negatif dengan 5 pilihan jawaban. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan minat belajar siswa pada pembelajaran kelas virtual matematika pada empat indikator yaitu sebesar 35,44% siswa merasa senang terhadap pembelajaran, 46,45% siswa tertarik belajar matematika, 44,11% siswa menunjukkan perhatian pada pembelajaran matematika, dan 62,21% siswa menunjukkan keterlibatan dalam pembelajaran matematika yang dilakukan. Hasil ini menunjukkan bahwa minat belajar matematika pada pembelajaran matematika kelas virtual masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62.

Alfirahmadita, J., & Maarif, S. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(3), 153–167.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23.

Fauzan, F., Fathurrohman, M., & Syamsuri. (2020). Perbedaan Persepsi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Daring Ditinjau dari Gender. Tirtamath : Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 136–151.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Hamidah, N., & Setiawan, W. (2019). Analisis minat belajar siswa SMA kelas Xi pada materi matriks. Journal On Education, 1(2), 457–463.

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128.

Kadir. (2015). Statistika Terapan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat Berbantuan Software Geogebra. Journal of Honai Math, 3(1), 27–40. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.112.

Malini, H., & Putra, A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Journal of Basic Education Studies, 2(2), 10–22.

Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Manalu, A. C. S., Jumiati, Y., & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Persamaan Garis Lurus Berbantu Aplikasi Geogebra. Journal On Education, 02(01), 63–69.

Nurhafifah, A. Y. M. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMA Di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 01(03), 308–314.

Nurmaenah, N. C., Agini, S., Putri, Y., & Chotimah, S. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Materi KPK Dan FPB Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Visual Basic Excel (VBE). Journal on Education, 2(4), 275–282. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.320.

Perawati, R., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2020). Pengaruh e-Learning Menggunakan Quipper School Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Mata Pelajaran. Tirtamath : Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 177–186.

Rahayu, S. S. (2020). Analisis proses pembelajaran matematika pada materi garis dan sudut. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(3), 147–152.

Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (2015). Pembelajaran Matematik Materi Aljabar. Journal On Education, 01(02), 458–464.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika