DESKRIPSI KEBUTUHAN E-MODUL BERBANTUAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Tristi Ardita Rismayanti, Nurul Anriani, Sukirwan Sukirwan

Sari


Pemerintah berupaya untuk memperkaya sumber daya manusia dengan berbagai kemampuan supaya mampu bersaing terhadap perkembangan dunia abad 21 salah satunya kemampuan berpikir kritis matematis. Salah satu pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis yaitu seseorang mampu membedakan informasi yang valid atau tidak. Kemampuan berpikir kritis matematis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran matematika salah satunya dengan menggunakan sumber belajar yang tepat dan sesuai yaitu e-modul. Penggunaan e-modul dirasa tepat karena isi pada e-modul dibuat lebih padat dan disesuaikan dengan tujuan yang akan dicapai yaitu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Selain itu, penggunaan e-modul mendukung perkembangan teknologi infromasi dan komunikasi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kelas VIII SMP Negeri 1 Cikupa Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Analisis data yang dilakukan menggunakan Miles and Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematis siswa perlu ditingkatkan, perlu digunakan sumber belajar lain selain buku teks dan guru memerlukan sumber belajar yang mampu membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis seperti e-modul. Penelitian ini dapat dikembangkan menjadi pengembangan e-modul berbantuan smartphone untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alam, P., & No, J. D. S. B. (1806). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2021, p. 012069).

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, 1, 76–89. http://jurnal.upi.edu/penelitian- pendidikan/view/637/

Hamzah, I., & Mentari, S. (2017). Development of Accounting E- Module to Support the Scientific Approach of Students Grade X Vocational High School. Journal of Accounting and Business Education, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1. 9751

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1). IOP Publishing.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E- Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Madroji, Zulaiha, F., & Faizah. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(1), 17–23.

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.12 3

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v1 2i1.5813

Maulida, L. (2020). APJII: Pengguna Internet Indonesia Hampir Capai

juta. Tersedia pada https://www.tek.id/tek/apjii- pengguna-internet-indonesia- hampir-capai-200-juta- b1ZWK9jo8. Diakses pada tanggal 27 April 2021.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Method Source Books, Edition 3. USA: Sage Publication.

https://books.google.co.id/books?i d=p0wXBAAAQBAJ&printsec=fr ontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Oktavia, B., Zainul, R., Guspatni, & Putra, A. (n.d.). Pengenalan dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru-Guru Anggota MGMP Kimia dan Biologi Kota Padang Panjang. https://doi.org/10.31227/osf.io/yha u2

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Implementasi Kurikulum. In Implementasi Kurikulum 2013.

Purnamasari, A. (2020). Upaya Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Problem Based Learning dengan Platform Zoom Fitur Breakout Room di Kelas VII-A SMP Labschool Cibubur. Program Studi Pendidikan Matematika PPG. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica :

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan di SMK TI Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1),

–72.

https://doi.org/10.23887/karmapati. v6i1.9269

Sari, R. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM). In Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Lampung: Universitas Negeri Raden Intan.

Satriawati, H. (2015). Pengembangan E- Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. In Skripsi. Fakultas Teknik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Septiani, P. E., Sugiyanti, & Rubowo, M.

R. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Sedang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 381–387.

Siamy, L., Farida, & Syazali, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 113–117. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1. 1919

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3),

–275.

https://doi.org/10.23887/janapati.v 2i3.9800

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–

Sulisworo, D., Jauhari, I., & Firdausy, K. (2014). Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran

Kooperatif Secara Mobile Berbasis Sistem Operasi Android. Indonesian Jurnal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 56–62.

Zulfa, N. I. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. In Skripsi. Bandung: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, 1, 76–89.

http://jurnal.upi.edu/penelitian- pendidikan/view/637/

Hamzah, I., & Mentari, S. (2017). Development of Accounting E- Module to Support the Scientific Approach of Students Grade X Vocational High School. Journal of Accounting and Business Education, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1. 9751

Karim, & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93–

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E- Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/http://dx.doi.org/10. 23887/jipp.v3i3.21840

Madroji, Zulaiha, F., & Faizah. (2019). Pengembangan Modul Fisika

Berbasis Problem Based Learning pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(1), 17–23.

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.12 3

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v1 2i1.5813

Maulida, L. (2020). APJII: Pengguna Internet Indonesia Hampir Capai

juta. Tersedia pada https://www.tek.id/tek/apjii- pengguna-internet-indonesia- hampir-capai-200-juta- b1ZWK9jo8. Diakses pada tanggal 27 April 2021.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Method Source Books, Edition 3. USA: Sage Publication. https://books.google.co.id/books?i d=p0wXBAAAQBAJ&printsec=fr ontcover&hl=id#v=onepage&q&f

=false

Oktavia, B., Zainul, R., Guspatni, & Putra, A. (n.d.). Pengenalan dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru-Guru Anggota MGMP Kimia dan Biologi Kota Padang Panjang. https://doi.org/10.31227/osf.io/yha u2

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

(2013). Implementasi Kurikulum. In Implementasi Kurikulum 2013.

Purnamasari, A. (2020). Upaya Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Problem Based Learning dengan Platform Zoom Fitur Breakout Room di Kelas VII-A SMP Labschool Cibubur. Program Studi Pendidikan Matematika PPG. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Ratnawati, D., Handayani, I., & Hadi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 44–51. https://doi.org/10.22437/edumatica

.v10i01.7683

Santosa, A. S. E., Santyadiputra, G. S., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Administrasi Jaringan Kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan di SMK TI Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1),

–72.

https://doi.org/10.23887/karmapati. v6i1.9269

Sari, R. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM). In Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Lampung: Universitas Negeri Raden Intan.

Satriawati, H. (2015). Pengembangan E- Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. In Skripsi. Fakultas Teknik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Septiani, P. E., Sugiyanti, & Rubowo, M.

R. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Sedang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 381–387.

Siamy, L., Farida, & Syazali, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 113–117. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1. 1919

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3),

–275.

https://doi.org/10.23887/janapati.v

i3.9800

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605–

Sulisworo, D., Jauhari, I., & Firdausy, K. (2014). Pengembangan Sistem Manajemen Pembelajaran Kooperatif Secara Mobile Berbasis Sistem Operasi Android. Indonesian Jurnal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 56–62.

Zulfa, N. I. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. In Skripsi. Bandung: Universitas Islam Negeri Walisongo.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i3.13292

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika