PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI HIMPUNAN MENGGUNAKAN VIDEO PERMAINAN 17AN

Putri Ramadhani Fitri, Sukirwan Sukirwan, Jaenudin Jaenudin

Sari


penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Madinatul Hadid. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus . Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan RME yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada masalah himpunan dengan menggunakan video permainan 17an. Pada langkah memahami masalah kontekstual, peneliti memberikan video mengenai permainan 17an dan siswa diberikan soal untuk mengelompokan data tersebut. Pada langkah menyelesaikan masalah, siswa diminta untuk menyelesaikan masalah tersebut. peneliti membimbing siswa yang mengalami kesulitan dan memancing pemahaman siswa tentang pengelompokan tersebut, serta pada siklus II peneliti mendorong siswa untuk membuat pengelompokan menjadi diagram venn. Pada langkah membandingan dan mengomentari hasil kerja, siswa diminta untuk menunjukan hasil pekerjaannya ataupun mempresentasikan didepan dan melihat perbedaan masing-masing orang. Peneliti berperan dalam mengarahkan siswa pada jawaban yang benar jika jawaban siswa kurang tepat. Pada langkah menyimpulkan, peneliti mengarahkan siswa untuk menyimpulkan pembelajaran hari ini ataupun guru memberikan kesimpulan secara singkat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriansyah, E. A. (2016). Makna Realistic dalam RME dan PMRI. Lemma, II(2), 96–104.

Agus, R. N. (2010). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) dengan Pemecahan Masalah dan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa (RME) dengan Pemecahan Masalah dan Pendekatan RME. Program Pascasarjana Pendidikan Matematika. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Alani, N., Rahman, R., Nurhasanah, R., Kurniasih, D & Damanik, R. H. (2020). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education. Jurnal Bale Aksara, 2(1), 5–7.

Amellia, R. (2018). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP pada Materi Himpunan. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Astiati, P. E., Irawati, R & Kurniadi, Y. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Perbandingan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 1011–1020.

Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas VII Smp. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484–500.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.

Edo, S. I & Tasik, W. F. (2019). Design research on applied Realistic Mathematics Education (RME) approach in teaching math for vocational college. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 294–306.

Hidayat, D. W & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis pada Materi Himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67.

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1). IOP Publishing.

Kenedi, J., Putri, R. I. I & Darma Wijoyo. (2018). Desain Pembelajaran Penyajian Data dengan Model Project Based Learning di kelas. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains XI (2018); ISSN: 2087-0922, 83–92.

Leni, S. cintya, Yusmin, E & Astuti, D. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Himpunan Berdasarkan Gaya Belajar di SMP. Jurnal Untan, 18(2), 1–9.

Manurung, M. M., Windria, H & Arifin, S. (2019). Desain Pembelajaran Materi Himpunan dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Kelas VII. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 19–29.

Mumu, J & Tanujaya, B. (2018). Desain Pembelajaran Materi Operasi Himpunan Menggunakan Permainan "Lemon Nipis". Journal Of Honai Math, 1(1), 47–55.

Novitasari, R. (2018). Desain Pembelajaran Matematika pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel menggunakan Alat Keseimbangan (Balancing Tool) dengan Pendekatan PMRI di Kelas VII. Program Pasca Sarjana Pendidikan Matematika. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Nurfithriyya, A. (2019). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar dengan Pendekatan Realistic Himpunan Kelas VII SMP. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). PT RajaGrafindo Persada.

Ramadhani, A & Prahmana, R. C. I. (2019). Desain Pembelajaran Garis dan Sudut Menggunakan Jam Dinding Lingkaran untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(2), 85–101.

Sinurat, N. N. (2020). Efikasi Diri dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Materi Penyajian Data Menggunakan LKS Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMP Karitas Ngaglik Tahun Ajaran 2019/2020. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sukirwan, Muhtadi, D., Nindiasari, H & Novaliyosi. (2020). The Role of Didactical Phenomenology Towards Mathematical Reasoning Ability. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 1–11.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. PT. Rajagrafindo Persada.

Tandililing, E. (2010). Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah. Jurnal Untan, 25(3), 521–525.

Taufik. (2013). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Himpunan di SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 1(4), 404–412.

wahyudi, M., Joharman, M & Ngatman, M. (2017). The Development of Realistic Mathematics Education (RME) for Primary Schools’ Prospective Teachers. Atlantis Press, 158, 814–826.

Wijaya, A. (2008). Design Research in Mathematics Education: Indonesian Traditional Games as Means to Support Second Graders’ Learning of Linear Measurement [Utrecht University]. In Utrecht School of Applied Sciences.

Wirawan, Y. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi pada Materi Himpunan untuk Siswa SMP. Program Sarjana Ilmu Tarbiyah. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wulandari, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Materi Himpunan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP NU Palembang. Program Sarjana Pendidikan Matematika. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Zabeta, M., Hartono, Y & Putri, ratu ilma indra. (2015). Desain Pembelajaran Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan PMRI di Kelas VII. Beta, 8(1), 86–99.

Lestari, A. (2014). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Soal Cerita tentang Himpunan di Kelas VII MTsN Palu Barat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i3.13295

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika