ANALISIS TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CITEUREUP DENGAN INSTRUMEN TEST OF LOGICAL OPERATIONS (TLO)

Nazwa Guseynova Kamila, Hepsi Nindiasari, Evalina Rizky, Mita Mita, Nabil Fajari R, Nabil Makarim

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap perkembangan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menggunakan Test of Piaget’s Logical Operations (TLO). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Citeureup yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan instrumen Test of Logical Operations (TLO) yang dikerjakan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berada pada tahap konkrit akhir sebanyak 5 siswa atau 25%, berada pada tahap formal awal sebanyak 14 siswa atau 70%, dan berada pada tahap formal akhir sebanyak 1 siswa atau 5%. Berdasarkan hasil pengerjaan Test of Piaget’s Logical Operations (TLO) oleh siswa kelas VIII SMP (usia 13-14 tahun), perkembangan kognitif siswa rata-rata sudah berada pada tahap operasi formal dimana hal tersebut sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh Piaget.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, C., & Santosa, H. F. (2013). Mengukur Tingkat Pencapaian Perkembangan Kognitif Siswa SMA Menggunakan Operasi Logika Piaget. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 27–34.

Ibda, F. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF : TEORI JEAN PIAGET. 3, 27–38.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052).

dan Ilmu, F. P. M., Alam, P., No, J. D. S. B., & Setia, J. D. (1882). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2021, p. 012052).

Leongson, J. A., & Limjap, A. (2003). Assessing the Mathematics Achievementof College Freshmen Using Piaget’ S Logical Operations. Hawaii International Conference on Education in Waikiki, 1–25.

Nurhidayah, D. A., & Ponorogo, U. M. (2018). TAHAP

PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEST OF PIAGET’S LOGICAL OPERATION (TLO). LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26–32.

Mutammam, M. B., & Budiarto, M. T. (2013). Pemetaan Perkembangan Kognitif Piaget Siswa Sma Menggunakan Tes Operasi Logis (TOL ) Piaget Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 2(2), 1–6.

Mu’min SA. Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. J AL- Ta’dib. 2013;6(1):89-99. https://ejournal.iainkendari.ac.id diakses tanggal 12 November 2021

Riyatuljannah, T., & Suyadi, S. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Siswa Pada Pemahaman Konsep Matematika Kelas V Sdn Maguwoharjo 1 Yogyakarta. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 48–54. https://doi.org/10.17509/eh.v12i 1.20906




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i3.13334

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika