Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Lingkaran

Uum Umaroh, Novaliyosi Novaliyosi, Yani Setiani

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik yaitu dibutuhkannya variasi penggunaan bahan ajar yang dipakai untuk pembejalaran daring dan memuat indikator-indikator kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 26 orang peserta didik kelas IX SMPN 1 Cikupa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi yang diberikan kepada dua validator materi dan dua validator media, satu guru sebagai ahli pembelajaran dan angket respon peserta didik. Hasil validasi oleh ahli diperoleh informasi kelayakan E-LKPD yaitu penilaian dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 91,67% dengan kategori sangat baik, penilaian ahli dari media memperoleh persentase sebesar 72,68% dengan kategori baik, dan penilaian ahli dari pembelajaran memperoleh persentase sebesar 85,76% dengan kategori sangat baik. Hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD memperoleh persentase sebesar 74,95% dengan katagori baik. Berdasarkan hasil analisis data secara keseluruhan maka dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Program Linear Bercirikan Problem Based Learning untuk Membangun Kemampuan Penalaran Matematis. Educazione, 5(1), 1–7.

Agustha, A., Haryati, S., Kimia, P., & Riau, U. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended pada Materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutavn Garam untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. 3(1), 28–42.

Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V A SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profeisi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, 122–130.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA Konten Geometri. Jurnal Numeracy, 7(2), 192–206.

Basri, Tayeb, T., Abrar, A. I. P., Nur, F., & Angriani, A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Al-Khwarizmi:Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 173–182.

Bukhori, B. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PBL Berorientasi pada Penalaran Matematis dan Rasa Ingin Tahu. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 133–147.

Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live Worksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra : Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37–50.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47–54.

Hidayanti, D., & Utami, T. H. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Pendekatan dengan Saintifik pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran untuk SMP Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra, 3(1), 42–56.

Jamaludin, U., & Rachmatullah, R. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: CV. Nurani.

Jumairi. (2015). Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 5 Tenggarong. Cemerlang, 3(1), 9–18.

Mahendra, A. E., Bharata, H., & Meneng, G. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 141–146.

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Materi Lingkaran Berbasis Pembelajaran Guided Discovery Untuk Siswa Smp Kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12–23.

Prasetyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Pedagogik, 3(2), 111–117.

Puspendik, T. (2012). Kemampuan matematika siswa SMP Indonesia menurut benchmark internasional TIMSS 2011. Jakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, C., & Sumarmo, U. (2016). Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Generatif. Edusentris, 3(3), 290–299.

Utami, A. P., Zuhdiyah, & Paradesa, R. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 61–68.

Vatillah, V., Ambarwati, L., & Hakim, L. El. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Regulated Learning Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 313–329.

Wulandari, F. (2016). Keterkaitan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Model Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 72–75.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i1.13368

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika