Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Pada Soal Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X

Samuel Bernando, Novaliyosi Novaliyosi, Isna Rafianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa saat menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas X, serta mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas X SMA Negeri 16 Jakarta. Berdasarkan hasil analisis data melalui pemberian tes dan wawancara didapatkan kesimpulan yaitu siswa melakukan 4 jenis kesalahan berdasarkan Prosedur Newman, keempat kesalahan tersebut adalah kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dipengaruhi beberapa faktor penyebab yaitu kurangnya pemahaman siswa akan materi dan soal dikarenakan siswa tidak terbiasa mengerjakan soal berbentuk uraian cerita yang menuntut siswa untuk berpikir kritis, dan kurangnya ketelitiaan siswa dalam memahami hingga menyelesaikan masalah yang terdapat dalam soal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Berdasarkan Newman Kelas X-Mia di SMA Bayt Al-Hikmah Kota Pasuruan. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, II, 346–359.

Asih, Sekar Tiyas. (2015). “Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Open Ended Berdasarkan Metode Newman pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi panjang Di SMPN 11 Jember.” Jurnal Ilmiah Matematika,1.

Azis, D. M., Azis, D. M., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMAN 1 Cisaat. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 193–206. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.193-206

Febriani, Evi., Anggraini., dan Hadjar, Ibnu. (2015). “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri Palu”. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 217-228.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Terj.Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Kemendikbud. (2013). Salinan Permendikbud R.I. Nomor 64 Tahun 2013.Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. 2011, 1–114. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf

OECD. (2019). Indonesia - Country Note - PISA 2018 Results. OECD Publishing, 1–10. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 264–271. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036

Sofianingsih, A., & Kusmanto, B. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kretek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 140–146.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Syukriani, A. (2016). Kompetensi strategis siswa sma berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 83–91.

Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Media Prestasi: Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi: Vol. Vol.13 No. (Issue 1, p. 3).

Utami, A. J. L., & Zukarnaen, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 448–458.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika