ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kepercayaan diri dalam pembelajaran matematika dimadrasah aliyah zainabiyah.Untuk tahun ajaran 2021/2022 metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas X A, instrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika didapatkan hasil bahwa terdapat 80% atau sebanyak 16 orang memiliki kepercayaan sedang, kemudian 10 % atau sebanyak 2 orang memiliki kepercayaan diri tinggi dan 10% memiliki atau sebnayak 2 orang memiliki kepercayaan diri rendah, dengan persentase rata-rata semua item angket sebesar 56% kesimpulannya bahwa kepercayaan diri pada pembelajaran matematika kelas x madrasah aliyah zainabiyah memiliki rasa percaya diri sedang atau cukup baik selama pembelajaran.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 50–61. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.752
Asyari, A., & Saam, Z. (2014). Analisis tentang kepercayaan diri siswa kelas 6 sd gugus teratai putih kecamatan kubu tahun pelajaran 2013/2014. 1–12.
Ibrahim, M. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Ctl (React). Jurnal Tatsqif, 16(1), 55–77. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.133
Johanda, M., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2019). Self-efficacy siswa dalam menyelesaikan tugas sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Neo Konseling, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX
Nurul, Octaviani, & Zanthy. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Dan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 57–64.
Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Artikel, I. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 17–23.
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i3.13389
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika