Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Siti Maesaroh, Ihsanudin M. Si., Etika Khaerunnisa, M. Pd.

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP/MTs semester genap. Model penelitian ini merupakan model ADDIE yang mengacu pada 5 langkah pengembangan meliputi: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian produk bahan ajar berupa flipbook maker berbantuan ispring suite 8 yang disesuaikan dengan indicator kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP/MTs. Hasil uji kevalidan bahan ajar ini diperoleh berdasarkan data dari angket penilaian para ahli, yaitu ahli materi 90%, ahli media 93%, ahli lembar tes pemahaman konsep 87% dan ahli lembar angket respon siswa 84% dengan semua penilaian para ahli mencapai kategori sangat valid. Sedangkan keefektifan bahan ajar diperoleh dari data angket respon siswa dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil dari angket respon siswa yaitu 88,3% dengan kategori sangat positif sedangkan nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu maka ditolak. Artinya, penyataan bahwa selisih rata-rata antara sebelum dan sesudah diterapkan bahan ajar flipbook maker berbeda. Atau dapat dikatakan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah menggunakan bahan ajar flipbook sehingga mencapai kategori sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan bahan ajar pada pembelajaran matematika berupa flipbook maker untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar layak digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto., A. D. (2014). PengembanganPerangkat Pembelajaran (Silabus, Rpp, Phb, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2006b. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W., & Carry, L. (1996). The Systematic Design of Instuction (4th Ed.). New York: Haper Collins College Publishers.

Ekaputri, Y. N., (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTsN di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan, 1(1), 57-64.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Mendiknas. (2006). Undang-undang Nomor 22 Tahun 2006, tentang Tujuan Pembelajaran Matematika.

OECD. (2013). PISA 2012 Result: What Student Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I). PISA: OECD Publishing.

Ramdania DR, Sutarno H & Waslaluddin. (2007). Penggunaan Media Flash Flipbook Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan 1(1): 1-6. Diakses pada [18Agustus 2019]

Rismayanti, T. A. & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Model Search Solve Create Share (SSCS) Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5 (2): 183-190.

Riyanto, S., Lukman., Budi Nugroho. (2012). Pengembangan Framework Sistem Buku Tiga Dimensi untuk Diseminasi Informasi. doi:10.13140/2.1.4829.2165


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika