Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project Based Learning Menggunakan GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Senia Anjarwati, Heni Pujiastuti, Ihsanudin Ihsanudin

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan pocket book digital berbasis project based learning menggunakan geogebra yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Latar belakang dilakukan penelitian ini karena rendahnya tingkat pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik pada pelajaran matematika khususnya materi yang bersifat abstrak. Jenis dari penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan desain ADDIE yang memiliki lima tahap, mulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan meliputi : pedoman wawancara, angket penilaian ahli materi, angket penilaian ahli media, angket praktisi pembelajaran, angket respon peserta didik dan soal pre-test post-test. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Persis 55 Kota Serang dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII. II berjumlah 29 orang. Hasil uji coba yang dilakukan oleh para ahli mendapat kategori sangat valid dengan persentase 80% oleh ahli media dan 82% oleh ahli materi. Sementara uji kepraktisan mendapat persentase sebesar 85% kategori sangat praktis dan uji keefektifan mendapat persentase 56,75% dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, produk yang dikembangkan dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer.

Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2008, 120–128. http://journal.unsika.ac.id/index.ph p/sesiomadika

Fitriasari, P. (2017). Software geogebra. JPMRAFA, 57–69.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics Indiana University. http://www.physics.indiana.edu/ns di/AnalyzingChange-Gain.pdf

Hohenwarter, M., & Judith. (2008). Teaching and Calculus with Free Dinamic Mathematics Software GeoGebra. http://tsg.icme11.org/document/get/666

Januszewski, & Molenda. (2008). Educational Technology : A Definition with Commentary. Routledge.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Oktiana, G. D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dalam Bentuk Buku Saku Digital untuk Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di Kelas XI MAN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation ( GI ) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 34–38.

Puspita, L., Supriadi, N., & Pangestika, A. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X Man 2 Bandar Lampung. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 01. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2871

Sulistyani, N. H. D., Jamzuri, & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 164–172.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika