PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Mastur Mastur, Maman Fathurrohman, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa

Sari


Rendahnya kemampuan pemecahan matematis dikarenakan siswa cenderung pasif dan kurang mengeksplorasi selama proses pembelajaran, akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal. Maka dari itu perlu adanya inovasi model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 4 Kota Serang kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 9 kelas. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak dua kelas secara acak. Didapatkan kelas ekperimen yaitu kelas VIIIC dengan jumlah siswa 33 orang dan kelas kontrol yaitu kelas VIIID dengan jumlah siswa 35 orang. Teknik pengambilan data menggunakan Soal uraian. Hasil penelitian memberi kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, A., Syafitri, L. F., & Sari, V. T. A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dengan Self Efficacy Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 887-894.

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

Karimah, S. (2013). “Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1): 70-8.

Majid, A. & Rochman, C. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

OECD. (2016). PISA Result. Tersedia pada https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf. (Diakses pada 4 Februari 2019).

Rista, L., Eviyanti, C. Y., & Andriani, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1153-1163.

Sarwono, E. (2015). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa SMP”. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Artikel Penelitian. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/25740/75676576808 (diakses 6 september 2019)

Slavin, R E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Trasito

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i3.13478

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika