IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SISWA MENENGAH PERTAMA PADA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST

Syifaurrohmah Kusuma Edy, Ria Sudiana, Fakhrudin Fakhrudin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa Sekolah Menengah Pertama pada materi pecahan dengan menggunakan instrumen three tier diagnostic test. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Kota Serang. Instrumen penelitian ini adalah Three tier diagnostic test, sebuah tes pilihan ganda dengan tiga tingkat yang dapat mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa yang akan dikategorikan menjadi 4 kategori. Dari data yang didapat, jawaban dari ketiga tingkat dikategorikan berdasarkan kombinasi jawabannya. Presentase hasil dari identifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa mencapai 48% dari keseluruhan siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arslan, H. O., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education, 34(11), 1667–1686. https://doi.org/10.1080/09500693.2012.680618

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Ikram, R. L. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Persamaan Kuadrat Satu Variable Ditinjau dari Perbedaan Gender.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Nasution, F. Y. (2018). Misconception ’ s Analysis Of Students Junior High School In Solving Algebra Problems Term Of Field Independent And Field Dependent Cognitive Styles. The Internasional Conference on Mathematical Analysis, 1–6.

Natalia, K., Subanji, & Sulandra, I. M. (2016). Miskonsepsi pada Penyelesaian Soal. Jurnal Pendidikan, 1917–1925.

Peşman, H., & Eryilmaz, A. (2010). Development of a three-tier test to assess misconceptions about simple electric circuits. Journal of Educational Research, 103(3), 208–222. https://doi.org/10.1080/00220670903383002

Purtadi, S., & Sari, L. P. (2007). Analisis Miskonsepsi Laju dan Keseimbangan Kimia pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia FMIPA-UNY.

Suwarna, I. P. (2013). Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X pada Mata Pelajaran Fisika Melalui CRI (Certain Respons Indeks). Jurnal Laporan Penelitian.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13482

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika