ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMAN 2 PANDEGLANG PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI

Ahmad Taufik Awami, Aan Hendrayana, Etika Khaerunnisa

Sari


Penelitian ini menenai analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sman 2 pandeglang pada pembelajaran daring di masa pandemi dengan tujuan untuk mengetauhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMAN 2 Pandeglang selama pembelajaran dalam jaringan. Desain penelitian yang digunakan yaitu survey dengan jenis cross sectional. Sampel yang digunakan yaitu 75 orang siswa kelas XI IPA SMAN 2 Pandeglang dengan metode purposive sampling. Instrument penelitian yaitu instrument tes, wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis rendah sebanyak 8%, siswa yang memiliki kemampuan sedang sebanyak 33% dan siswa yang memiliki kemampuan tinggi sebanyak 59%. Hasil angket dan wawancara siswa merasa pembelajaran daring tidak efektif karena faktor internet yang tidak stabil, kesulitan dalam bertanya, motivasi belajar yang rendah dan kurangnya sikap tekad, percaya diri serta ketekunan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprilia, K., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Matematis Siswa Smp Dengan Pembelajaran Daring. X(X).

Creswell, J. W. (2012). Educational Research (Fourth Edi). Pearson Education.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Junaedi, Y., Wahyudin, & Juandi, D. (2021). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1) doi:https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012069

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Th. 2016 No. 021 Ttg. Standar Isi Pend. Dasar _ Menengah.

Martini, J. (2014). Kesulitan Belajar Prespektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Ghalia Indonesia.

Mathematics, N. C. of T. of. (1998). Principles and Standards for School Mathematics.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

OECD. (2015). PISA 2015 Results In Focus. In PISA.

OECD. (2018). Effect of normovolemic anemia with HES on distribution of cardiac output in dogs (Japanese). Japanese Journal of Anesthesiology, 24(1), 12–17.

Romisatriawahono. (2008). MELURUSKAN SALAH KAPRAH TENTANG E-LEARNING.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Tung, K. Y. (2000). Pendidikan Dan Riset Di Internet (Cetakan 1). Dinastindo.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika, 9–10.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika