UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI KUBANG LESUNG KULON

Muadifah Muadifah

Sari


Guru memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran, maka dari itu diperlukan perencanaan yang baik oleh guru agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan optimal. Namun pada kenyataan dilapangan masih banyak guru yang belum bisa membuat RPP dengan kualitas yang baik. maka dari itu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui supervisi akademik ini dilakukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa apakah supervisi akademik yang dilakukan mampu meningkatkan kemampuan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan subjek penelitian 11 orang guru. Supervise akademik terbukti mampu meningkatkan hasil atau nilai dari kualitas pembuatan RPP di SDN Kubang Lesung Kulon ini. Nilai rata-rata kualitas RPP pada siklus 2 mencapai 84,66 dimana termasuk ke dalam kategori berhasil.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ajul, Lenny. (2019). Standar Kompetensi Guru.

Anwar, B. (2018). Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Shaut al Arabiyyah, 6(2), 114-125.

Arman, A. (2017). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui supervisi akademik Kepala Sekolah di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1).

Mistrianingsih, S., Imron, A., & Nurabadi, A. (2015). Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 367-375.

Nugraha, M. S. (2014). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 39-68.

Perni, N. N. (2019). Kompetensi pedagogik sebagai indikator guru profesional. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 175-183.

Riadi, A. (2018). Kompetensi Guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. ITTIHAD, 15(28), 52-67.

Riski, Aulia

. (2019). Supervisi Akademik Kepala Sekolah.

Selamet, M. (2017). Pengaruh Kompetensi Supervisi Manajerial Dan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi Deskriptif Kuantitatif pada SMP Negeri di Kota Banjar). Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 73-86.

Simamora, L. (2015). Pengaruh persepsi tentang kompetensi pedagogik guru dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).

Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241-247.

Sola, E. (2019). Supervisi Akademik versus Kualitas Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(1), 148-154.

Sulfemi, W. B. (2019). Kemampuan pedagogik guru.

Susetya, B. (2017). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016.

Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165-176.

Zakso, A., & Radiana, U. (2012). Pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru SMP Negeri 1 Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(3).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika