Peningkatan kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) melalui kegiatan workshop di SD egeri Panggung Rawi

Siti Pahliana

Sari


KKM merupakan akronim dari kriteria ketuntasan minimal yang harus ditentukan oleh satuan pendidikan pada awal tahun pembelajaran KKM digunakan sebagai indikator untuk mengukur ketuntasan berlajar siswa. Maka dari itu sangat penting bagi guru untuk memailiki kopetensi untuk dapat menteapkan KKM sesuai dengan tujuan pedidikan. Berdasarkan hasil analisis pada supervisi gabungan tahun sebelumnya. Ketuntasan guru SD negeri Panggung Rawi dalam menetapkan KKM masih  belum tuntas. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan guru hanya memperkirakan dan mengambil dari internet.  Workshop dan supervise akademik yang dilakukan terbukti dapat memberikan dampak yang baik bagi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana penetapan KKM. Terbukti kompetensi guru guru SD Negeri Panggu Rawi dalam menyusun rencana penetapan KKM meningkat secara signifikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, A. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Melalui Kegiatan Workshop Di Smk Negeri Ngasem Kabupaten Bojonegoro. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, IV(1), 2013–2015.

Anom, G. A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 221. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443

Ariyadi, D. (2019). Meningkatkan Kualitas Sekolah Di Sma Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun 2018. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77798

Aulia, V. (2019). Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di jenjang SD sederajat Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 359. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.355

Azis, M., & As, H. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama. Edukatif:Jurnal Pendidikan, 4(1), 565–571.

Bunga, R. S. (2021). Efektivitas Supervisi Edukatif Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Secara Periodik Di Sdn 002 Tana Tidung Kalimantan Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 2013–2015.

Fikri, M., Hastuti, N., & Wahyuningsih, S. (2019). Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan. Nulis Buku, 2, 170. https://independent.academia.edu/miftahulfikri45

Fitriyanti, Haryati, S., & Zuhairi, A. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Herawan, E. (2017). Kinerja Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 7(1).

Huda, M. N. (2018). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam pendidikan. VI(September 2017), 42–62.

Mesrawati. (2016). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Di SD Negeri 081 Rambah. Trabajo Infantil, 53(9), 1689–1699.

Muhammad Noor. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di SDN Lamongrejo 4 Ngimbang Lamongan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–8. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.33

Nursalim, N. (2017). Profesionalisme Guru Sd / Mi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 250–256. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i10

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Rasidi, Istiningsih, G., & Purwandari, S. (2017). Kompetensi kepala sekolah dalam instructional leadership sd negeri berpotensi bencana di kabupaten magelang. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 1(1), 46–56.

Rejo. (2016). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Semester I Sd Negeri Dombo 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. 1(July), 1–23.

Santosa, H., & Nusyirwan. (2019). Bahan Ajar Pengantar Supervisi Akademik. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 156–159.

Setyawan, D., & Zuhaery, M. (2022). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Dan Guru Muhammadiyah Kecamatan Tempel. 13(1), 164–178.

Shulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktek dalam Mengembangkan SDM Guru). Acima Publishing, 53(9), 1689–1699.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Sd Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir Jurnal Pendidikan, 26(4), 185–197.

Utiarahman, T. B. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 215. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.215-222.2019

Yendarman. (2016). Peningkatan Kemampuan Menetapkan KKM Dengan Diskusi Kelompok Kecil Bagi Guru Matematika SMKN 1, SMKN 4, SMK PGRI 2 KOTA JAMBI. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(3), 122–129. https://media.neliti.com/media/publications/225351-peningkatan-kemampuan-menetapkan-kkm-den-bdfe1101.pdf

Yudo, S. (2000). Manfaat pemantauan dalam bidang pengelolaan lingkungan. Jurnal Teknologi Lingkungan, 1(3), 270–277.

Yuliawati, Y., & Enas, E. (2018). Implementasi Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education …, 2(2). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1930

Zulhandayani, HR, M., & Bukhari. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru Di Sd Negeri 40 Banda Aceh. 2, 193–203.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika