Upaya Peningkatan Kemampuan TIK Guru Melalui In House Training (IHT) Untuk Mempersiapkan Guru Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Dimasa Covid 19

Wiwin Windarini

Sari


Pada 9 Maret 2020 kemendikbud mengeluarkan surat edaran nomor 2 dan 3 tahun 2020 terkait pencegahan Covid-19 edaran untuk meniadakan pembelajaran tatap muka dikelas dan menggantinya dengan pembelajaran dalam jaringan (daring) Tentu hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk kepala sekolah SD Negeri Cilegon VII. Oleh karena itu untuk mempersiapkan guru dalam pembelajaran daring kepala sekolah mengadakan in house training (IHT) peningkatkan kemampuan TIK guru dan juga supervisi akademik.Terbukti jika IHT dan supervisi selain dapat meningkatkan kemampuan TIK guru. IHT dan supervisi juga dapat membantu guru dalam mempersiapkan pembelajaran daring yang notabennya merupakan hal baru bagi guru-guru SD Negeri Cilegon VII


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anom, G. A. (2020). Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 221. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25443

Ariyadi, D. (2019). Meningkatkan Kualitas Sekolah Di Sma Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun 2018. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77798

Aulia, V. (2019). Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di jenjang SD sederajat Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 359. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.355

Azis, M., & As, H. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama. Edukatif:Jurnal Pendidikan, 4(1), 565–571.

Bunga, R. S. (2021). Efektivitas Supervisi Edukatif Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Secara Periodik Di Sdn 002 Tana Tidung Kalimantan Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01), 2013–2015.

Fikri, M., Hastuti, N., & Wahyuningsih, S. (2019). Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan. Nulis Buku, 2, 170. https://independent.academia.edu/miftahulfikri45

Fitriyanti, Haryati, S., & Zuhairi, A. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Herawan, E. (2017). Kinerja Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 7(1).

Huda, M. N. (2018). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam pendidikan. VI(September 2017), 42–62.

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(April), 67–72.

Muhammad Noor. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di SDN Lamongrejo 4 Ngimbang Lamongan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–8. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.33

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nursalim, N. (2017). Profesionalisme Guru Sd / Mi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 250–256. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i10

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Rasidi, Istiningsih, G., & Purwandari, S. (2017). Kompetensi kepala sekolah dalam instructional leadership sd negeri berpotensi bencana di kabupaten magelang. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 1(1), 46–56.

Rejo. (2016). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Semester I Sd Negeri Dombo 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. 1(July), 1–23.

Sa’diyah, N. P., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 552–563. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1236

Santosa, H., & Nusyirwan. (2019). Bahan Ajar Pengantar Supervisi Akademik. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 156–159.

Sesra Budio, M. A. A. (2020). Persepsi Kepala Sekolah terhadap Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah. Jurnal Menata, 3(2), 112–131.

Setyawan, D., & Zuhaery, M. (2022). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Dan Guru Muhammadiyah Kecamatan Tempel. 13(1), 164–178.

Shulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktek dalam Mengembangkan SDM Guru). Acima Publishing, 53(9), 1689–1699.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.

Tesalonika, A., Wiryatmo, R. D., Bunbaban, Y. S., Tilman, A. de A., Dwikurnaningsih, Y., & Satyawati, S. T. (2021). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SAAT PEMBELAJARAN LURING DAN DARING DI SEKOLAH KARANGTURI. Satya Widya, 37, 62–71.

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Di Sd Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir Jurnal Pendidikan, 26(4), 185–197.

Utiarahman, T. B. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 215. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.215-222.2019

Yudo, S. (2000). Manfaat pemantauan dalam bidang pengelolaan lingkungan. Jurnal Teknologi Lingkungan, 1(3), 270–277.

Zulhandayani, HR, M., & Bukhari. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru Di Sd Negeri 40 Banda Aceh. 2, 193–203.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

WILANGAN : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika