Kelancaran Memberikan Ide dalam Berpikir Kreatif Melalui Proses Matematisasi Untuk Memecahkan Masalah Matematis

Gita Ayu Nengsih, Syamsuri Syamsuri

Sari


Dalam memecahkan masalah sering kali siswa dihadapkan dengan soal yang berkaitan pada masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Proses matematisasi merupakan suatu proses memodelkan masalah secara matematis dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif melalui proses matematisasi dalam pemecahan masalah berdasarkan indikator fluency (kelancaran). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 4 siswa kelas XI MIPA yang telah mendapatkan materi barisan dan deret. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tiga tahap diantaranya: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelompok siswa yang lancar dalam penyelesaian masalah dan pada proses matematisasi horizontal dapat merepresentasikan masalah dengan berbagai cara yang berbeda menggunakan visualisasi dalam bentuk gambar. Terdapat pula kelompok siswa yang lancar dalam penyelesaian masalah namun pada proses matematisasi horizontal tidak dapat merepresentasikan masalah dengan berbagai cara yang berbeda.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chamberlin, S. A. (2010). Mathematical problems that optimize learning for academically advanced students in grades K-6. Journal of Advanced Academics, 22(1), 52–76.

Cropley, A. J., & Cropley, D. (2009). Fostering creativity: A diagnostic approach for higher education and organizations. Hampton Press Cresskill, NJ.

DiYanni, R. (2015). Critical and creative thinking: A brief guide for teachers. John Wiley & Sons.

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal high order thinking ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255–266.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069).

Kamilah, M., & Imami, A. I. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Karso, & dkk. (2008). Pendidikan Matematika I. Universitas Terbuka. Jakarta.

Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Nurfauziah, N., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa smp pada materi bilangan bulat. Journal on Education, 1(2), 215–228.

Phonapichat, Wongwanich, & Sujiva. (2014). An-analysis of elementary school students difficulties in mathematical problem solving. Procedia Social and Behavioral Sciences 116, hlm.3169-3174.

Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Rahmawati, T., Yuhana, Y., & Anriani, N. (2019). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 80–89.

Shofwah, N., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Analisis kemandirian belajar siswa berdasarkan gender di MTs Al-Khairiyah Pakuncen Serang Banten. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 163–176.

Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling students’ creative thinking in solving and posing mathematical problem. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 1(1), 17–40.

Suwangsih, E., & Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. UPI Press.

Torrance, E. P. (1972). Predictive validity of the torrance tests of creative thinking. The Journal of Creative Behavior.

Utomo, H. P., Hendrayana, A., Yuhana, Y., & Saputro, T. V. D. (2021). Pengaruh gender terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis ditinjau dari minat belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 106–115.

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.15351

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika