HUBUNGAN ANTARA SIKAP SISWA SMA TERHADAP MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJARNYA BERDASARKAN INDIKATOR ATTITUDES TOWARD MATHEMATICS INVENTORY (ATMI)

Ramlan Rida B., Syamsuri Syamsuri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kategori hubungan antara sikap siswa SMA terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika serta faktor-faktor yang mempengaruhi sikap siswa terhadap matematika. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain penelitian squensial ekplanatory desain. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh sekolah SMA/SMK/MA berstatus Negeri yang ada di Kabupaten Pandeglang dan Kota Serang. Sempel berjumlah 12 sekolah yang ditentukan dengan stratified proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan nilai raport matematika siswa kelas IX dan wawancara semi terstruktur ke 24 siswa dari 12 sekolah tersebut. Analisi data yang digunakan yaitu analisis korelasi rank spearman dan uji chi-square. Hasil penelitian menujukan bahwa adanya hubungan postif yang lemah namun signifikan antara sikap siswa sma terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika. Hal ini dapat menunjukan bahwa ada sebagian siswa yang memiliki prestasi belajar matematika tinggi cenderung memiliki sikap terhadap matematika dalam kategori sedang atau rendah, sedangkan siswa dengan prestasi rendah sebaliknya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(3), 234–245.

Alibraheim, E. A. (2021). Factors Affecting Freshman Engineering Students’ Attitudes Toward Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(6), 1–14.

Anwar, S., & Junaedi, Y. (2021). PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN SELF CONCEPT SISWA SMP. GEOMATH, 2(1).

Barroso, C., Ganley, C. M., Mc Graw, A. L., Geer, E. A., Hart, S. A., & Daucourt, M. C. (2020). Meta-Analysis of the Relation Between Math Anxiety and Math Achievement. Psychological Bulletin, 2(147), 134–168.

Buzzai, C., Filippello, P., Puglisi, B., Mafodda, A. V., & Sorrenti, L. (2020). The Relationship Between Mathematical Achievement, Mathematical Anxiety, Perfectionism and Metacognitive Abilities in Italian Students. Mediterranean Journal of Clinical Psychology, 8(3), 1–18.

Çelik, H. C. (2018). The Effects of Activity Based Learning on Sixth Grade Students’ Achievement and Attitudes Towards Mathematics Activities. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(5), 1963–1977.

Cerbito, A. F. (2020). Comparative Analysis of Mathematics Proficiency and Attitudes Toward Mathematics of Senior High School Student. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 10(05), 211–222.

Fauzan, F., Fathurrohman, M., & Syamsuri, S. (2020). Perbedaan Persepsi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Gender. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 136.

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019a). The Struggle of Indonesian Students in the Context of TIMSS and PISA has Not Ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 393–406.

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019b). The Struggle of Indonesian Students In the Context of TIMSS and PISA has Not Ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 393–406.

Isharyadi, R., & Deswita, H. (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 1–10.

Ismah, & Wibiastuti, E. (2015). Pengaruh Letak Geografis Sekolah Terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Langat, A. C. (2015). Students’ Attitudes and Their Effects on Learning and Achievement in Mathematics : a Case Study of Public Secondary Schools in Kiambu Country, Kenya. Kenyatta University.

Majeed, A. A., Gusti, I., Darmawan, N., & Lynch, P. (2013). A Confirmatory Factor Analysis of Attitudes Toward Mathematics Inventory (ATMI). The Mathematics Educator, 15(1), 121–135.

Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. (2018). Investigating Students’ Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 207–231.

Mensah, J. K., M., O., & Kuranchie, A. (2013). Student Attitude Towards Mathematics and Performance : Does the Teacher Attitude Matter ? Journal of Education and Practice, 4(3), 132–139.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. In TIMSS & PIRLS International Study Center (Vol. 2011, Issue 136).

Neale, D. (1961). The role of attitudes in learning mathematics. The Arithmetic Teacher.

OECD. (2019). PISA 2018 Results : What Students Know and Can do: Vol. I (PISA). Paris: OECD Publishing.

Peteros, E., Columna, D., Etcuban, J. O., Almerino, Jr., P., & Almerino, J. G. (2019). Attitude and Academic Achievement of High School Students in Mathematics Under the Conditional Cash Transfer Program. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 583–597.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2759, 74–87.

Purnomo, Y. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 93.

Rahmahyanti, S., Hairunnisa, & Sabiruddin. (2019). Komunikasi Komunitas 1000 Guru Samarinda Dalam Proses Belajar Mengajar. EJournal Ilmu Komunikasi, 7(3), 86–97.

Schleicher, A. (2014). PISA 2012 Results in Focus What 15 Year Olds Know and What they Can do With What They Know. 0ECD.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD.

Setiawan, A. W. (2019). Pendidikan Guru Berbasis Nilai Dengan Mengkaji Penyelenggaraan Guru di Negara Lain dalam Mewujudkan Visi Kurikulum Indonesia yang Mencerdaskan 2030. Geoarea, 2(1).

Shadiq, F. (2007). Wacana Pendidikan Matematika Kritis. Yogyakarta: IRCiSod.

Simegn, E. M., & Asfaw, Z. G. (2017). Assessing the Influence of Attitude Towards Mathematics on Achievement of Grade 10 and 12 Female Students in Comparison with Their Male Counterparts: Wolkite, Ethiopia. International Journal of Secondary Education, 5(5), 56.

Soleha. (2018). Hubungan Antara Sikap Siswa dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Dipawangi. Prisma, VII(1), 113–122.

Yolanda, F., Rohima, S., Sriwahyuni, T. L., & Maharani, P. (2019). Problematika Pendidikan di Sekolah Daerah Pesisir. Prosiding Seminar Nasasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 1, 514–517.

Yuniar, A. P., Syamsuri, S., & Hendrayana, A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas Virtual di SMA. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 80.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.15412

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika