PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN KETERAMPILAN ABAD 21

Fannisa Oktaviasari, Heni Pujiastuti, Ria Sudiana

Sari


Pembelajaran matematika abad 21 bukan lagi tentang berhitung, melainkan mencari cara sebagai pemecahan masalah. Bahan ajar adalah salah satu yang membantu menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkannya dengan mengangkat tema Kearifan Lokal dan Keterampilan Abad 21. Material yang dipilih merupakan Integral untuk kelas XI. Kearifan lokal yang digunakan adalah kearifan lokal Banten, dan keterampilan abad 21 yang dimaksud adalah keterampilan berpikir atau 4C’s Skills Critical & Problem Solving, Communication, Collaboration, Creativity & Innovation Skills). Selain itu pengembangan juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dinamakan MoTif: Integral 1. Penelitian dan Pengembangan menggunakan model penelitian ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. Hasilnya, materi ajar MoTif: Integral 1 berbentuk aplikasi android. Kelayakan diuji oleh pakar pendidikan. Dosen sebagai uji validitas, guru matematika sebagai uji praktikalitas, dan peserta didik sebagai uji praktikalitas dan keefektifan. Uji validitas menunjukkan sangat valid dengan 86%. Uji praktikalitas menunjukkan kategori praktis dengan 83.30%. Kemudian uji keefektifan menunjukkan sangat efektif dengan 89,47%.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.15462

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika