Analisis Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas X Pada Pembelajaran Matematika

Rofijar Dien Fadly, Yani Setiani, Ria Sudiana

Sari


Tujuan daripada penelitian ini ialah mendeskripsikan motivasi belajar matematika yang dimiliki siswa kelas X SMAN 17 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 di SMAN 17 Kabupaten Tangerang yang terdiri atas 3 siswa bermotivasi belajar tinggi, 9 siswa pada kategori sedang, dan 6 siswa pada kategori rendah. Pemilihan subjek dilakukan dengan sampling purposif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, perbedaan yang signifikan terdapat pada indikator (2) adanya keinginan dan kebutuhan untuk belajar, dan (5) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.15478

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika