Kemampuan Metakognitif Siswa SMK dengan Gaya Kognitif Field Independent dalam Belajar Matematika

Mia Aprilia, Syamsuri Syamsuri

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif siswa SMK berdasarkan gaya kognitif field independent. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas X TJKT 2 di SMKN 2 Pandeglang. Instrumen yang digunakan adalah tes GEFT, tes kemampuan metakognitif, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metakognitif siswa dengan gaya kognitif field independent dikelompokkan menjadi 2, yaitu kelompok pertama siswa menyelesaikan masalah sampai tahap evaluasi, kelompok ini cenderung berada di level reflective use. Kelompok kedua siswa melaksanakan rencana pemecahan masalah tetapi solusi yang diperoleh salah, kelompok ini cenderung berada di level metakognitif aware use.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, A., Fathurrohman, M., & Fatah, A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3). 1–11.

Aprilia, L. Y., Anriani, N., & Rafianti, I. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi Siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 12-25.

Arum, R. P. (2017). Deskripsi Kemampuan Metakognisi Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Mathematics Education, 3(1), 23–33.

Burden, P. R ., & Byrd, D. M. (2010). Methods For Effective Teaching: Meeting The Needs Of All Students (5th ed). United States: Pearson Education.

Indriati, R. U., Nindiasari, H., & Fathurrohmah, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Tahap Perkembangan Kognitif Melalui Pembelajaran Probing-Prompting. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 35.

Ismiyah, S., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Berdasarkan Tahap Perkembangan Kognitif. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 1.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Kemendikbud. (2021). Permendikbud Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Polya, G. (1973). How to Solve it (New of Mathematical Method). Second Edition. New Jersey: Prence University Press.

Prabawa, E. A. dan Zaenuri, Z. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Eduction Research, 6(1), 120–129.

Safitri, K. R., Saleh, M. (2015). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Metakognisi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS, pp. 470–485.

Swartz, R & Chang, A. (1998). Intructional Strategies For Thinking Classroom. Singapura: National Institute Of Education.

Witkin, H. A., Moore, C,A., Goodenough, D. R., & C. P. W. (1977). Field-dependent and field-independet cognitive styles and their educationa implications. Review of Educational Research, 4(1), 1–64.

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.

Zakiah, N. E. (2020). Level Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 7(2),132-147.

Zakiah, N. E. (2017a). Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa. Pedagogy. 2,11-29.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i2.15543

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika