PENGEMBANGAN INSTRUMEN NUMERASI PADA KONTEKS PEKERJAAN UNTUK SISWA KELAS VIII

Naulianur Salsabila Siregar, Anwar Mutaqin, Isna Rafianti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen numerasi untuk siswa SMP atau sederajat. Konteks yang dipilih adalah pekrjaan, Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu; (1) tahap analisis dengan melakukan kegiatan analisis kurikulum dan kemampuan analisis peserta didik, (2) tahap perancangan dengan melakukan penyusunan kisi-kisi dan soal tes, (3) tahap pengembangan dengan melakukan pengkoreksian instrumen tes yang dilakukan validator, (4) tahap pelaksanaan dilakukan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, terakhir (5) dan tahap evaluasi dilakukan penyempurnaan produk akhir berupa instrumen tes dengan kategori valid. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Curug. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen numerasi yang telah dikembangkan dapat digunakan dengan dengan sedikit revisi. Validitas dari hasil uji coba diperoleh 18 soal valid,  dengan tingkat reliabilitas0,72 dengan kategori tinggi, tingkat kesukaran sebagian besar sedang , dan hasil uji daya pembeda memenuhi kriteria sangat memuaskan

 

Kata kunci: Numerasi, Konteks Pekerjaan, Instrumen Numerasi, Pengembangan


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.15570

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika