ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI ALJABAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Naufalliani Aulia Zahrah, Yani Setiani

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah, salah satunya dikarenakan siswa melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dalam memecahkan masalah kontekstual pada materi aljabar berdasarkan prosedur newman serta faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII SMPN 1 Kramatwatu yang diberikan tes kemampuan pemecahan masalah, serta 6 subjek pilihan yang diambil dari kelompok kemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebagai narasumber wawancara untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan membaca memperoleh presentase 4%, kesalahan memahami memperoleh presentase 52%, kesalahan transformasi memperoleh presentase sebesar 19%, kesalahan keterampilan proses memperoleh presentase 77,5%, dan kesalahan penulisan jawaban memperoleh presentase sebesar 88%. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dikarenakan tidak mampu menyerap materi dengan baik, terburu-buru dan tidak fokus, tidak memahami makna soal, kurang teliti dalam menentukan informasi dalam soal, tidak terampil dalam menerjemahkan kalimat soal ke dalam kalimat model matematika, tidak mengetahui prosedur atau langkah-langkah yang tepat dalam menghitung rumus yang sudah ditulis, bingung menuliskan satuan, tidak terbisa menuliskan kesimpulan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62.

Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71-78.

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah berdasarkan prosedur newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1).

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

OECD. (2018), Education at Glance 2018: OECD Indicators, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/eag- 2018-2en.

Rismawati, M., Irawan, E. B., & Susanto, H. (2017). Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(4), 465-469.

Sari, P. P., Hasbi, M., & Umam, K. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aljabar Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2).

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan

Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta). Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(7).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitan Kualitatif, Kuaniatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suratih, S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Newman’s error analysis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 111-123.

White, A.L. 2005. Active mathematics in classrooms: finding out why children make mistakes – and then doing something to help them. Square one, 15(4), 15-19.

Yuli, T., & Siswono, E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Fokus pada Berfikir Kritis dan Berfikir Kreatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.15571

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika