Peningkatan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) melalui Kegiatan Supervisi Akademik di SD Negeri Sumampir

Susilawati Susilawati

Sari


KKM merupakan akronim dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang harus ditentukan oleh satuan pendidikan pada awal tahun pembelajaran. KKM digunakan sebagai indikator untuk mengukur ketuntasan belajar siswa. Maka dari itu sangat penting bagi guru untuk memiliki kompetensi untuk dapat menetapkan KKM sesuai dengan tujuan pendidikan. Berdasarkan hasil analisis pada supervisi gabungan tahun sebelumnya, ketuntasan guru SD Negeri Sumampir dalam menetapkan KKM masih belum tuntas. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan guru hanya memperkirakan dan mengambil dari internet. Supervisi akademik yang dilakukan terbukti dapat memberikan dampak yang baik bagi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana penetapan KKM. Terbukti kompetensi guru-guru SD Negeri Sumampir dalam menyusun rencana penetapan KKM meningkat secara signifikan.

Teks Lengkap:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i1.19413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika