PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERMODIFIKASI COGNITIVE LOAD THEORY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Dimas Adji Permana, Aan Hendrayana, Sukirwan Sukirwan

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning yang dimodifikasi dengan memperhatikan cognitive load theory terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Serang pada tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran dengan model problem based learning biasa dan kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran dengan model problem based learning termodifikasi cognitive load theory. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran model concurrent embedded dengan metode kuantitatif sebagai metode primer dan metode kualitatif sebagai metode sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari siswa kelas kontrol. Selain itu, model problem based learning termodifikasi cognitive load theory juga diketahui memberikan pengaruh positif karena mampu meminimalisir beban kognitif siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fitriadi, S., & Trapsilasiwi, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Kelas X SMA dengan Memperhatikan Beban Kognitif. Jurnal Edukasi, 47–51.

Hendrayana, A. (2018). Mengatasi Cognitive Load pada Anak. Serang: FKIP Untirta Publishing.

Rakhmah, N., Fitriyah, & Setianingsih, R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan Mempertimbangkan Teori Beban Kognitif pada Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Pasuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 21–29.

Setiawan, T. B., Suharto, & Susanto, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning dengan Memperhatikan Beban Kognitif pada Materi Trigonometri Kelas X SMK. Kadikma, 7, 1–9.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(20), 122–131.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian KOMBINASI (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya. Seminar Nasional FMIPA UNY, 1–11. Yogyakarta.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa, 7, 51–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i2.19479

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika