Analisis Kesulitan dan Self-Efficacy Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika

Akhmad Mukhaeris Ayatullah, Yuyu Yuhana, Sukirwan Sukirwan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami oleh siswa dan tingkat self-efficacy siswa SMPN 1 Cinangka dalam memecahkan permasalahan matematika berbetunk soal uraian. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 80 siswa kelas VIII SMPN 1 Cinangka. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes yang terdiri dari 5 soal uraian dan instrumen nontes berupa angket self-efficacy serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika terletak pada pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural dan pengetahuan metakognitif. Jenis kesulitan yang dialami siswa yaitu pada mengingat fakta, mengingat konsep, memahami fakta, memahami konsep, menerapkan konsep, menerapkan prosedur, menganalisis prosedur, mengevaluasi faktual, mengevaluasi konsep, mengevaluasi prosedur dan mengomunikasikan metakognitif. Faktor-faktor kesulitan yang dialami siswa dalam memecahkan masalah matematika yaitu siswa yang kurang teliti, mudah menyerah, merasa waktu yang diberikan tidak cukup sehingga siswa merasa cemas dan mengerjakannya dengan tergesa-gesa. Tingkat self-efficacy yang dimiliki siswa kelas VIII SMPN 1 Cinangka berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata sebesar 64,35%.

 

Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Self-Efficacy, Pemecahan Masalah Matematika


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, M. (2019). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (2nd ed.). PT. Rineka Cipta.

Cahyono, H. (2019). Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 4. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/1636. Diakses pada tanggal 05/03/2020

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Junaedi, Y., Maryam, S., & Lutfi, M. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Pada Pembelajaran Daring. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 49-56.

Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal The Original Research of Mathematics (THEOREMS ), 1(2), 24–30. http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/375. Diakses pada tanggal 05/03/2020

Moeleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (I. Taufik (ed.); 35th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian- Kualitatif.pdf. Diakses pada tanggal 07/03/2020

Riffyanti, L., & Setiawan, R. (2017). Analisis Starategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis Dalam Menentukan Bilangan dan Lainnya. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1), 115–127. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/779. Diakses pada tanggal 05/04/2020

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. SIGMA, 1(2), 64–68.

http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/68 Diakses pada tanggal 06/03/2020

Tias, A. A. W., & Wutsqa, D. U. (2015). Analisis Kesulitan Siswa SMA Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII IPA di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 28–39. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7148. Diakses pada tanggal 06/03/2020

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.

Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematik Serta Self- Efficacy Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 1(4), 647–656. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1128. Diakses pada tanggal 10/03/202




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i2.19588

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika