PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERMODIFIKASI COGNITIVE LOAD THEORY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI KABUPATEN SERANG
Sari
Penelitian Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan pemecahan masalah dan keterbatasan siswa dalam menyerap dan mengolah informasi yang diterima. Terlalu banyak informasi dapat membebani siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Model pembelajaran berbasis masalah yang dimodifikasi dengan teori beban kognitif kemungkinan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023 di SMP Negeri 2 Pabuaran. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL modifikasi CLT terhadap kemampuan menulis soal matematika siswa di Kabupaten Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Methode desain campuran tidak berimbang. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran PBL modifikasi CLT dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran PBL. Dalam penelitian ini digunakan alat untuk menguji kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL yang dimodifikasi CLT berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kabupaten Serang.
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i2.19899
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).
Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |
Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika