ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

Dea Della Rosa, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa, Novaliyosi Novaliyosi

Sari


Kemampuan siswa diukur dari pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru, siswa dapat mengerjakan soal/menjawab soal-soal tergantung dari seberapa besar kemampuan siswa memahami materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan indikator, yaitu written text, drawing, dan mathematical expression. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis, yaitu soal tes yang diberikan berupa 3 (tiga) soal uraian. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu bagian penting dalam matematika, karena merupakan alat bantu dalam transmisi pengetahuan matematika atau sebagai pondasi dalam membangun pengetahuan matematika. Terdapat beberapa faktor yang sama yang mempengaruhi tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa diantaranya siswa masih sulit untuk memberikan alasan untuk jawabannya, siswa masih sulit membuat gambar dan mengekspresikan peristiwa sehari-hari ke dalam bahasa atau simbol matematik. Selain itu, kepercayaan diri juga merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Khadijah, I N Afifah., dkk. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 01(06): 1095 – 1104

Lara B. Aknin dan Whillans. (2020). HELPING AND HAPPINESS: A GUIDE FOR PUBLIC POLICY. Scimagojr2019, 00(00): 1 – 32

Maryati, Iyam dan Yenny S, dan dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MATERI ALJABAR LINIER. PRISMA, 11(1): 210-220

Martana, A Nursetami. (2017). MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TIPE SELF-EXPLANATORY (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Pranata, M Farhan. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE MATERI DAN DESAIN PEMBELAJARAN UNTUK GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII SEMESTER GENAP. Skripsi. Serang: Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Ramadhan, Imaniar., dan Minarti, Eva D. (2018). Kajian Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 02(02): 151 – 161

Suprayitno, Totok. (2019). PENDIDIKAN INDONESIA BELAJAR DARI HASIL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) 2018. Badan Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud “e-book”

S, S Wilson. (2004). MATEMATIKA UNTUK SMP KELAS VII SEMESTER 1 & 2. Jakarta: Penerbit Erlangga

Wahyuddin. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL. BETA Jurnal Tadris Matematika,09(02): 148-160

Wati, Mega. (2015). ANALISIS QUICK COUNT MENGGUNAKAN METODE STRATIFIED CLUSTER RANDOM SAMPLING (STUDI KASUS PEMILU GUBERNUR JAWA BARAT 2013). Universitas Pendidikan Indonesia, 26 – 46

Widarto. (2013). PENELITIAN EX POST FACTO. Universitas Negeri Yogyakarta: Fakultas Teknik, Vol. No: 1 – 8

Wijayanto, A. D., Fajriah, Nurul S., dkk. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01): 97 – 104

Yanti, R. Nova., Melati, Ai S., dkk (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(01): 209 – 219




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i2.19946

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika