PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK

Sanip Sanip, Syamsuri Syamsuri

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Al-Falah Madani Kota Serang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji-t yang sebelumnya digunakan uji prasyarat yang telah memenuhi, uji analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas didapat data berdistribusi normal dan uji homogenitas menggunakan uji lavene didapat data homogen. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diberikan pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari nilai rata-rata yang didapatkan oleh siswa yang diberikan pendekatan saintifik. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada siswa kelas X SMK Al-Falah Madani Kota Serang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika How to Cite (APA 6 th Style, (02), 235–244. Retrieved from http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334.

Ilusi Pangarti. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Games terhadap hasil belajar siswa pada konsep momentumdan impuls. Skripsi.

Isjoni. (2010). pembelajaran kooperatif : meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.

Khauro, K., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Dalam Pelajaran Matematika Kelas I SDN Telang 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 35-48.

Handayani, M., & Junaedi, Y. (2022). PEMBELAJARAN INQUIRY CO-OPERATION MODEL TERHADAP PENCAPAIAN HABIT OF THINKING FLEXIBLY MATEMATIS SISWA MTsN. GEOMATH, 3(2), 84-91.

Prastiyo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN Sepanjang 2. CV Kekata Group, 2(1), 122-129.

Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39–50.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1),1-10.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran “Mengembangkan Profesionalisme Guru.” Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan praktek. Bandung: Nusa Media.

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1),14-24.

Suherman, E. dkk. (2003). Streategi Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyo, I. (2016). Peningkatan motivasi belajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT pada Pelajaran PKN. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 4(1),453-460.

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i2.19993

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika