MODEL INTEGRASI TEKNOLOGI SAMR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMP

Syafira Sajida, Isna Rafianti

Sari


Pembelajaran daring diberlakukan sejak adanya pandemic COVID-19. Salah satu model perkembangan teknologi yang dapat digunakan dalam pembelajaran secara daring adalah model SAMR. Namun, model SAMR masih jarang digunakan dan diteliti. Dengan hal tersebut dalam penelitian yang dilakukan mempunyai suatu tujuan guna mendeskripsikan serta mengidentifikasi pembelajaran matematika dengan cara daring di SMP sesuai model integrasi teknologi SAMR (Substitusi, Augmentasi, Modifikasi, Redefinisi). Dalam sebuah penelitian yang dilakukan menerapak jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitiannya menggunakan seorang guru matematika dan sampel siswa kelas VII, VIII dan IX di SMPN 1 Rangkasbitung. Subjek penelitian dipilih dengan menerapkan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini digunakan angket (kuesioner), observasi dan wawancara. Dalam penelitian yang dihasilkan ditunjukkan mengenai SMPN 1 Rangkasbitung telah menerapkan integrasi teknologi pada pelaksanaan pembelajaran matematika. Integrasi teknologi pada pembelajaran matematika secara daring di SMPN 1 Rangkasbitung diketahui telah terlaksana pada semua tahap dimulai dari tahap substitusi, augmentasi, modifikasi dan redefinisi menggunakan intensitas dominan yaitu kadang-kadang. Dengan hal tersebut menunjukan bahwa integrasi teknologi dalam sebuah pembelajaran matematika menggunakan cara daring di SMPN 1 Rangkasbitung berada pada katergori transformasi atau perubahan. Namun, pada setiap tahap tersebut masih memerlukan berbagai perbaikan dengan penerapan yang harus ditingkatkan lagi.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20319

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika