Pengaruh Project-Based Learning di Kelas VIII SMP pada Materi Kubus dan Balok Menggunakan Kerajinan dari Stik Es Krim

Dilla Shafa Salsabila, Syamsuri Syamsuri

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model project-based learning terhadap capaian belajar matematika siswa kelas VIII SMP pada materi kubus dan balok menggunakan proyek kerajinan dari stik es krim. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan desain yang digunakan yaitu post-test only control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen tes akhir yang terdiri dari 5 soal uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yang terdiri dari uji prasyarat dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa  rata-rata capaian belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata capaian belajar siswa kelas kontrol. Kemudian uji statistik menunjukan bahwa kedua sampel memiliki capaian belajar yang berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari project-based learning terhadap capaian belajar matematika siswa kelas VIII SMP pada materi kubus dan balok.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alawiyah, I., & Sopandi, W. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1), 167–176.

Annisa, Syamsuri, & Khaerunnisa, E. (2021). Kesulitan Siswa dalam Proses Matematisasi Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 97–108.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090.

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwati, & Nafia’ah. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–416.

Farida, F., Fitria, Y., Saputri, L., & Stawir. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Projek Based Learning (PjBL) di Kelas V SD Pembangunan UNP : Hasil Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah (PDS) Universitas Negeri Padang, 89–95.

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1), 1–7.

Harahap, M. A., & Prastowo, P. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21.

Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., & Inrohim. (2017). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. Pros Seminar Pend.IPA Pascasarjana UM, 2, 432–436.

Komarudin, Puspita, L., Suherman, & Fauziyyah, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model. Didaktika Tauhid: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 43–53.

Mutia. (2017). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memahami konsep kubus balok dan alternatif pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–18.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.

Puspita, L., Supriadi, N., & Diah Pangestika, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X Man 2 Bandar Lampung. Biosfer Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9(1), 1–12.

Puspita Sari, D., Hidayati, A., & Fitria, Y. (2018). Effect of Pjbl Model and Preliminary Knowledge on Critical Thinking Skills of Grade Iv Students of Kartika Elementary School 1-11 Kota Padang. International Journal of Educational Dynamics, 1(1), 205–210.

Putri, F. P. W., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2021). Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 496–504.

Santoso, M., Putra, A., Muhidong, J., Sailah, I., SP Mursid, Rifandi, A., Susetiawan, & Endrotomo. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran.

Septikasari, R., & Nugraha, R. F. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117.

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat dan Segitiga Siswa Smp Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 321–330.

Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531.

Wayan, N. S., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari Jurnal Pendidikan, 20(1), 127–145.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20376

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika