Pengaruh Project-Based Learning di Kelas IX SMP pada Materi Bola dengan Kerajinan Bros

Nanda Amelia, Syamsuri Syamsuri

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Project-Based Learning terhadap capaian belajar matematika siswa kelas IX SMP pada materi bola dengan kerajinan bros. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Post-Test Only Control Group. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 14 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel yang digunakan adalah sebanyak dua kelas yang dipilih berdasarkan kemampuan akademik yang setara. Kelas yang menjadi sampel yakni kelas IX G sebagai kelas eksperimen dan kelas IX F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah intrumen tes berupa semi essai sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh project-based learning terhadap capain belajar matematika siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil post-test kelas eksperimen lebih besar dibanding rata-rata nilai hasil post-test kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t, dapat dilihat juga perbedaan yang signifikan antara capaian belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang prositif dari model project-based learning terhadap capaian belajar matematika siswa kelas IX SMP pada materi bola dengan kerajinan bros.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anjarwati, S., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Project Based Learning Menggunakan GeoGebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 111. https://doi.org/10.56704/jirpm.v3i2.13414

Annisa, A., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2021). Kesulitan Siswa dalam Proses Matematisasi Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 97. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i2.11700

Anugrah, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 213. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11897

Ernawati, H. (2014). Pengaruh Small Group Discussion terhadap Pengetahuan Tentang Dismenore pada Siswa SMPN 1 Dolopo. Jurnal Florence, VII(1), 47–51. http://eprints.umpo.ac.id/1271/1/Jurnal Florence Vol VII%2C No 1 .pdf

Ginting, P. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Penerapan Model Proyek Based Learning di Kelas IX-B SMP Negeri 1 Silaen Tahun Pembelajaran 2021/2022. TLUTUH SAWO: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Humaniora, 6(3), 83–90.

Istiqomah, N., & Rahaju, E. B. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. 3(2), 144–149.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM.

Ningsih, F., & Marniati. (2013). Penerapan Pembelajaran Langsung pada Pembuatan Kerajinan Bros dengan Teknik Manual Kelas X.3 SMA Negeri Sukomoro Nganjuk. 02(3), 88–94.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.

Özerem, A. (2012). Misconceptions In Geometry And Suggested Solutions For Seventh Grade Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 55, 720–729. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.557

Rais, M. (2010). Model project based-learning sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 246–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/viewFile/129/123

Runadi, T. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah.

Tan, N, J. (1994). Analysis of Elementary Geometry Teaching Materials. Elementary Mathematic Curriculum.

Utari, R. D., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep TPACK pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. 3(3), 205–214. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.205-214




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20459

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika