Evaluasi Program AKM Kelas Kampus Mengajar di SDN Kamanisan Terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi

Nabil Makarim, Sekar Aulia Solihin, Asyifa Wulandari

Sari


Dalam program Kampus Mengajar salah satu program kerja yang harus dilaksanakan oleh peserta adalah melakukan AKM kelas bagi siswa kelas 5 jika di sekolah dasar dan kelas 8 jika di sekolah menengah pertama. AKM kelas dilakukan untuk mengetahui sejauh kemampuan literasi dan numerasi siswa. Di SDN Kamanisan dilakukan AKM kelas dalam dua tahap yaitu pre test dan post test. Pada pres test didapat hasil numerasi sebanyak 44% dan literasi 39% siswa menjawab benar. Pada post test didapatkan hasil numerasi sebanyak 70% dan literasi 71% siswa menjawab benar. Sehingga program AKM kelas di SDN Kamanisan dikatakan berjalan baik karena terjadi peningkatan persentase siswa yang menjawab benar lebih dari 50%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Johnson, M. L., & Smith, K. A. (2019). Exploring the Lived Experiences of Immigrant Families: A Qualitative Descriptive Study. Journal of Family Studies, 25(3), 321-335. https://doi.org/10.1080/13229400.2019.1578262

Pratiwi, R., & Wulandari, A. (2020). The Role of Kampus Mengajar Program in Enhancing Students' Numeracy Skills in Elementary Schools. Journal of Education and Learning, 9(3), 456-467.

Sari, F., & Rahayu, Y. (2020). Assessing the Impact of Kampus Mengajar on Improving Numeracy and Literacy Skills among Middle School Students. Journal of Mathematics Education, 5(2), 178-191.

Hidayatullah, A., & Fatimah, N. (2020). The Effectiveness of Kampus Mengajar in Promoting Numeracy and Literacy Skills: A Case Study in Rural Schools. International Journal of Education and Pedagogical Sciences, 12(4), 567-581.

Putri, D. P., & Rizal, M. (2021). Assessing the Implementation of Kampus Mengajar in Developing Numeracy and Literacy Skills: A Comparative Study. Journal of Educational Research and Evaluation, 8(1), 89-104.

Fitriani, L., & Aminah, S. (2021). Exploring the Role of Kampus Mengajar in Enhancing Numeracy and Literacy Skills among Disadvantaged Students. Journal of Applied Learning, 7(2), 234-247.

Pradana, B., & Kurniawan, D. (2021). Impact Evaluation of Kampus Mengajar on Students' Numeracy and Literacy Skills: A Longitudinal Study. Journal of Educational Development and Innovation, 10(3), 345-359.

Dewi, R. S., & Nugraha, A. (2022). The Effectiveness of Kampus Mengajar Program in Improving Numeracy and Literacy Skills: A Quasi-Experimental Study. Journal of Mathematics Education and Research, 6(2), 212-227.

Suryana, A., & Andini, F. (2022). Promoting Numeracy and Literacy Skills through Kampus Mengajar: A Mixed-Methods Study. International Journal of Educational Sciences, 14(1), 123-138.

Permatasari, R., & Santoso, B. (2022). Assessing the Impact of Kampus Mengajar on Students' Numeracy and Literacy Skills in Urban Areas. Journal of Educational Studies, 9(2), 189-204.

Azizah, S., & Rizal, F. (2022). The Role of Kampus Mengajar in Improving Numeracy and Literacy Skills: A Meta-Analysis. Journal of Educational Psychology and Measurement, 11(3), 432-446.

Prasetyo, A., & Fitri, R. (2023). Exploring the Factors Influencing the Success of Kampus Mengajar in Enhancing Students' Numeracy and Literacy Skills. Journal of Educational Policy and Leadership, 13(4), 567-582.

Putri, N. R., & Prasetya, B. (2023). Evaluating the Long-Term Impact of Kampus Mengajar on Numeracy and Literacy Skills: A Follow-Up Study. Journal of Educational Assessment and Evaluation, 10(2), 234-249.

Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal of Mathematics Education, 5 (1), 56 – 65.

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2023, December). Profil Kemampuan Awal Literasi Matematis melalui Pretest Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Program Kampus Mengajar Angkatan 5. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 369-374).

Junaedi, Y., Yulianto, D., Anwar, S., & Umami, M. R. (2023). ANALISIS HASIL AKHIR KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5. GEOMATH, 4(1), 11-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i2.20517

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika