ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

Rega Izzatunnisa, Isna Rafianti

Sari


Matematika berpengaruh pada semua aspek kehidupan sehari-hari, selaras dengan tujuan pembelajaran matematika untuk membantu siswa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi setiap hari. Pemecahan masalah adalah kemampuan yang penting bagi siswa dalam pembelajaran matematika. Sehingga, diharapkan bahwa guru matematika dapat mengurangi persepsi awal siswa tentang matematika karena pandangan negatif tentang aspek matematika seperti abstrak, teoritis, lambang-lambang, dan rumus yang sulit. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar dengan subjek 32 siswa kelas VIII yang akan diklasifikasikan berdasarkan tingkat kecerdasan logis matematis, Hasilnya menunjukkan bahwa ada 28% berada dalam kategori tinggi, 50% berada dalam kategori sedang, dan 22% berada dalam rendah. kemudian dari setiap kategori akan dipilih 1 siswa untuk dievaluasi lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan tes dan wawancara untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, subjek kercedasan logis matematis tinggi memenuhi empat tahapan polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, memeriksa kembali, dan mencapai kesimpulan. Kategori sedang memenuhi tiga tahapan polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan menyelesaikannya. Subjek kecerdasan logis matematis rendah memenuhi tahapan Polya yaitu memahami masalah dan menyelesaikan masalah.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.20578

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika