KAJIAN LITERASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Adrian Pratama, Isna Rafianti, Aan Subhan Pamungkas

Sari


Penelitian ini bertujuan mengkaji kemampuan literasi matematis siswa melalui pembelajaran daring, selama masa transisi pandemi covid-19. Proses pengumpulan data penelitian, dilakukan dengan instrumen tes kemudian didukung dengan wawancara untuk kebutuhan data penelitian lebih akurat. Instrumen disusun berdasarkan indikator kemampuan literasi matematis, yang telah melewati tahap uji validitas dan reliabilitas. Penelitian dilakukan di kelas VIII pada suatu SMP di Kota Tangerang. Analisis data yang dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa dengan adanya pembelajaran daring, kemampuan literasi matematis siswa sudah tinggi, merujuk pada total hasil skor tes sebesar 76,92% dan juga sebesar 23,08% sisanya masih berada dibawah rata-rata, didukung juga dengan proses wawancara terhadap siswa berdasarkan tingkat kemampuannya. Kemudian persentase pada indikator yang digunakan, ketercapaiannya menunjukkan sebesar 75% siswa sudah mampu menarik kesimpulan dari apa yang telah mereka temui dengan naik dari permasalahan-permasalahan yang telah diberikan, lalu 77,73% siswa juga sudah mampu menginterpretasikan pemahaman matematika yang telah dipelajari, kemudian 78,05% siswa mampu menggunakan informasi yang telah mereka dapatkan, kemudian menjadikannya sebuah aritmatika yang baik dan tepat. Terlebih dengan proses transisi yang masih berjalan, terkadang mengharuskan mereka melakukan proses pembelajaran daring, guru dirasa paling mampu untuk merancang bagaimana pembelajaran yang tidak dilakukan dengan tatap muka namun tetap membantu siswa mengembangkan kemampuan mereka.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.20591

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika