Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Berbantuan Platform Doratoon

Dimyati Dimyati, Abdul Fatah, Ria Sudiana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis video animasi berbantuan doratoon yang layak serta dapat membantu  meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Kelas VII.  Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation untuk mengembangkan media pembelajaran. Subjek untuk penelitian ini kelas VII A SMP IT Al-Husein Tigaraksa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen non tes (angket kelayakan dan angket motivasi belajar). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi berbantuan doratoon memiliki kelayakan atau kevalidan sebesar 3,21 yang berarti layak dan memiliki pengaruh motivasi belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0,4162 yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi berbantuan doratoon dapat menjadi media alternatif pembelajaran dan mampu membantu meningkatkan motivasi belajar siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v12i1.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.); Revisi). PT. RajaGrafindo Persada.

Astika, R. T., Astra, I. M., Makmuri, M., Sumarni, S., Andika, W. D., & Palupi, E. K. (2019). Survey of Elementary School Teacher Needs on Video Learning Mathematics Based on Contextual Teaching and Learning in Palembang City. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 251–260. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.4936

Astuti, R., Nisak, N., Nadlif, A., & Hajjatul, A. W. (2021). Animated video as a Media for Learning Science in Elementary School Animated video as a Media for Learning Science in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1779(1), 012051. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012051

Capuno, R., Revalde, H., Etcuban, J. O., Aventuna, M., Medio, G., & Demeterio, R. A. (2019). Facilitating Learning Mathematics Through the Use of Instructional Media. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 677–688. https://doi.org/doi.org/10.29333/iejme/5785

Durahim, Y., Pamungkas, T., Lidwina, M., & Haryundari, I. (2022). The Effect of Motivation on Students ’ s Mathematics Learning Outcomes in the New Normal Era. Jambura J. Math. Educ., 3(2), 63–69. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15114

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257

Hajati, K., & Amaliah, N. (2022). Teacher ’ s Delivery Format and ADDIE Model to Adjust the Online Learning System during the Pandemic Period. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 6(1), 91–104. https://doi.org/doi.org/10.22437/irje.v6i1.14649

Hornstra, L., & Stroet, K. (2021). Profiles of teachers’ need-support : How do autonomy support , structure , and involvement cohere and predict motivation and learning outcomes ? Teaching and Teacher Education, 99, 103257. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103257

Junaedi, Y., Maryam, S., & Anwar, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-40.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Prenamedia Group.

Pulungan, A. R., & Rakhmawati, F. (2022). Tren Media Pembelajaran Matematika dalam Jurnal Pendidikan Matematika di Seluruh Indonesia. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 3443–3458. https://doi.org/doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.177

Ripai, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dan Sumber Belajar. CV.AKSARATU.

Sardiman, A. . (2018). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Rajawalil Pers.

Setiawan, M. R., & Wiedarti, P. (2020). The Effectiveness of Quizlet Application towards Students ’ Motivation in Learning Vocabulary. Studies in English Language and Education, 7(1), 83–95. https://doi.org/doi.org/10.24815/siele.v7i1.15359

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukuran: Analisis di Bidang Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Widianingsih, M., Miarsyah, M., & Ristanto, R. (2021). Development of Musculoskeletal System Animation Videos (SkelToon) to Increase Learning Motivation. Journal of Biology Education, 10(1), 77–88. https://doi.org/10.15294/jbe.v10i1.43941

Yusup, Y. J., Lutfi, M. K., & Kusumastuti, F. A. (2022). LEVEL BERPIKIR KKREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN HYBRID. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20650

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika