PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS 8 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Indi Mei Lita, Heni Pujiastuti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika (KPKM). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 20 Tangerang tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan rancangan treatment by level 2 x 2. Sampel yang digunakan sebanyak 120 siswa yang terdiri dari 60 siswa perempuan dan 60 siswa laki-laki yang masing-masing dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok kecemasan rendah dan kelompok kecemasan tinggi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan dianalisis dengan ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kecemasan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika 2) Terdapat pengaruh gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, dimana rata-rata skor siswa perempuan lebih tinggi dibanding siswa laki-laki 3) Terdapat pengaruh interaksi antara kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20791

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika