Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Risma Iklimah, Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa, Syamsuri Syamsuri

Sari


Pengembangan multimedia interaktif berbantuan Geogebra ini bertujuan untuk membantu siswa memahami bangun ruang sisi datar. Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah aplikasi pembelajaran yang bernama GEOSIK (Geometri Asik). Pengembangan multimedia ini menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development). Sebelum diujikan, media ini dinilai oleh para ahli media dan ahli materi hingga memenuhi kriteria valid untuk digunakan. kemudian diujikan pada subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII J SMPN 1 Rangkasbitung dan beberapa guru mata pelajaran matematika. Media ini mendapatkan presentase sebesar 87,53% dari ahli media dan sebesar 80% dari ahli materi, artinya penilaian media berada pada kriteria “valid”. Selain itu, hasil respons guru mata pelajaran matematika mencapai 98,92% artinya media ini memenuhi kriteria “sangat praktis” dan hasil respons siswa mencapai 84,59% yang memeuhi kriteria sangat praktis. Begitupun dengan hasil belajar siswa, dari 21 siswa hanya ada 1 siswa yang belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), maka presentase ketuntasan siswa adalah 95,24% dan memenuhi kriteria “sangat efektif”. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini valid, praktis, dan efektif digunakan oleh siswa.  

 

Kata kunci: Pengembangan, multimedia interaktif, geogebra, bangun ruang sisi datar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Ariani, N., & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Prestasi Pustaka Publisher : Jakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta : Jakarta.

Fahmi, S., & Marsigit. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 9(1) , 90-98.

Novitasari, D. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI-Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–18.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press : Yogyakarta.

Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Rahman, R. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Concept Siswa. Tesis pada SPs UPI Bandung : Tidak diterbitkan.

Rizka, Hakim, D.L. (2017). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa pada Materi Geometri di MTs Negeri 3 Karawang . SESIOMADIKA: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Sugiyono. (2016). Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Pengembangan (R&D). Alfabeta : Bandung.

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109.

Surya,E.(2013).Peningkatan Kemampuan Reptesentasi Visual Thingking Matematika Siswa SMPN 11 Medan dengan Melatih Keterampilan Menggambar dan Pendekatan Kontekstual. Penelitian Dan Pembelajaran Matematika,5(1),41–50.

Widyasari, N. M. D., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i3.20808

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika