ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI MATRIKS

adi prasetyo, Abdul Fatah, Novaliyosi Novaliyosi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep pada materi matriks, dan menemukan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan siswa tersebut. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 8 Kota Serang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes tulis , angket dan wawancara yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunujukan siswa melakukan kesalahan pada menentukan operasi hitung matriks, mendefinisikan determinan dan invers matriks, dan menentukan determinan matriks, dan tidak menggunakan konsep matriks untuk menyelesaikan soal. Kemudian berdasarkan hasil angket tertutup rata-rata untuk tiap indikator yang teridentifikasi menyebabkan kesulitan belajar siswa diantaranya faktor fisiologis sebesar 83,33%(kriteria tinggi), psikologi sebesar 63,33%(kriteria sedang), keluarga sebesar 70,83%(kriteria sedang), guru sebesar 73,05%(kriteria sedang), dan sekolah sebesar 64,44% (kriteria sedang).

 

Kata kunci: analisis kesalahan, pemahaman konsep matematis, materi matriks


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.20820

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika