PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN PSYCHOLOGICAL TOOLS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Novi Lastri, Aan Hendrayana, Yuyu Yuhana

Sari


Kemampuan berpikir kritis dalam matematika sangat penting, karena kemampuan tersebut sangat membantu siswa untuk memecahkan permasalahan dalam  kehidupan sehari-hari. Terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, kemampuan awal berpengaruh pada proses tersebut, karena kemampuan awal siswa merupakan prasyarat awal yang harus dimiiki agar proses pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh perlakakuan pembelajaran problem based learning menggunakan psychological tools lebih baik daripada siswa yang memperoleh perlakuan pembelajaran PBL dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa apabila dilihat dari kemampuan awal matematis pada siswa kelas VIII SMPN 5 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023 sampel penelitian ini ialah kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol.  Metode yang diterapkan ialah mix method dengan concurrent embedded design. Data yang diperoleh berbentuk hasil pretest dan posttest, tes kemampuan awal matematis, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis berupa statistika deskriptif, statistika inferensia kemudian dilanjutkan dengan uji two-way anova dan uji lanjut scheffe. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan problem based learning menggunakan psychological tools memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Ii. H. (2016). Beirpiikiir Kriitiis Mateimatiik. Deilta-Pii: Jurnal Mateimatiika Dan Peindiidiikan Mateimatiika, 2(1). https://doii.org/10.18860/jt.v0ii0.1442

Alam, P., & No, J. D. S. B. (1806). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2021, p. 012069).

Aiinii, S. D., & Hasanah, S. Ii. (2019). Beirpiikiir Viisual dan Meimeicahkan Masalah: Apakah Beirbeida Beirdasarkan Geindeir? JNPM (Jurnal Nasiional Peindiidiikan Mateimatiika), 3(2), 177. https://doii.org/10.33603/jnpm.v3ii2 .2192

Akramunniisa, & Iindra Suleistry, A. (2016). Analiisiis Keimampuan Meinyeileisaiikan Masalah Mateimatiika Diitiinjau darii Keimampuan Awal Tiinggii Dan Gaya Kogniitiif Fiieild Iindeipeindeint (FIi). Peindagogy, 1(2), 46–57.

Ariiandarii, W. (2015). Seimiinar Nasiional Teintang Meingiinteigrasiikan Hiigheir Ordeir Thiinkiing dalam Peimbeilajaran Creiatiivei Probleim Solviing. Yogyakarta, 16 Meiii.

Ariifiin, Z. (2017). Meingeimbangkan Iinstrumein Peingukur Criitiical Thiinkiing Skiills Siiswa Pada Peimbeilajaran Mateimatiika Abad 21. Jurnal THEiOREiMS (Thei oriigiinal Reiseiarch of Matheimatiics), 1. 16-100.

Darmadii & Handoyo, B. (2016). Profiil Beirpiikiir Viisual Mahasiiswa Calon Guru Mateimatiika Deingan Gaya Beilajar Viisual dalam Meinyeileisaiikan Masalah Triigiinomeitrii. Jurnal Mateimatiika Kreiatiif-Iinovatiif, 02(01), 75–84.

Jumaiisyaroh, T., Napiitupulu, Ei., & Hasratuddiin. (2015). Peiniingkatan Keimampuan Beirpiikiir Kriitiis dan Keimandiiriian Beilajar Siiswa SMP Meilaluii Peimbeilajaran Beirbasiis Masalah. Jurnal AdMathEidu, 5. 10-116

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1). IOP Publishing.

Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.

Murtiiyasa, B. (2015). Seimiinar Nasiional Teintang Tantangan Peimbeilajaran Mateimatiika Eira Global. Surakarta, 3-6 Julii.

Reinniita, O. D. (2018). Thei Diiffeireinceis of Iimproviing Communiicatiion Abiiliity and Matheimatiical Conceipts Undeirstandiing beitweiein Studeints that Giivein Probleim Baseid Leiarniing and Diiscoveiry Leiarniing at SMP Swasta AlHiikmah Meidan. Advanceis iin Sociial Sciieinceis Reiseiarch Journal, 5(10), 597–608.

Sadova, C. (2019). Peingaruh Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Koopeiratiif Tiipei Group Iinveistiigatiion (GIi) Teirhadap Keimampuan Beirpiikiir Kreiatiif Mateimatiis Diitiinjau darii Keimampuan Awal Mateimatiika Siiswa Seikolah Meineingah Peirtama. Uniiveirsiitas Iislam Neigeirii Sultan Syariif Kasiim Riiau

Sriidayanii. (2018). Peingaruh Modeil Peimbeilajaran Probleim Baseid Leiarniing Teirhdap Keimampuan Beirpiikiir Kriitiis Mateimatiis dan Matheimatiical Habiits Of Miind Siiswa. Uniiveirsiitas Sultan Ageing Tiirtayasa.

Sugiiyono. (2012). Meitodei Peineiliitiian KOMBIiNASIi (Miixeid Meithod). Alfabeita CV.

Sutiiarso, S. (2009). Scaffoldiing dalam Peimbeilajaran Mateimatiika. Seimiinar Nasiional Peineiliitiian, Peindiidiikan Dan Peineirapan MIiPA, 527–530.

Tatang. (2017). Matheimatiical Criitiical Thiinkiing Abiiliity Through Conteixtual Teiachiing and Leiarniing Aproach. IindoMS-JMEi, 6. 2-10.

Yusrii, A. Y., & Sarii, M. (2017). Profiil Peimahaman Konseip Niilaii Teimpat Diitiinjau Darii Keimampuan Awal Mateimatiika Pada Siiswa Keilas IiIiIi SDN 133 Takalala Soppeing. Journal Mosharafa, 6(1), 141– 15.




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.21844

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: [email protected] |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika