Pengembangan Media Komik Berbasis RME (Realistic Mathematics Education) Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMP

Novia Rosiana Sari, Anwar Mutaqin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan komik berbasis RME (Realistic Mathematics Education) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMP yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE. Uji kevalidan media komik oleh ahli materi yang memberikan penilaian dengan persentase sebesar 84% dan 82,6%, didapatkan kriteria sangat valid. Kemudian ahli media yang memberikan penilaian dengan persentase sebesar 88% dan 80%, didapatkan kriteria sangat valid. Serta ahli Pendidikan yang memberikan penilaian dengan persentase sebesar 86,6% dan 90%, didapatkan kriteria sangat valid. Selanjutnya dilakukan tahap revisi bahan ajar untuk disempurnakan dan di uji coba kepada 38 siswa kelas VII di SMPN 2 Tigaraksa. Persentase yang didapatkan dari hasil respon siswa sebesar 83% (praktis). Hasil perhitungan dari angket minat belajar menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,50 dalam kategori N-Gain yaitu peningkatan sedang. Sedangkan untuk hasil perhitungan pretest dan posttest menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,75 dalam kategori N-Gain yaitu peningkatan tinggi. Kesimpulan yang diperoleh bahwa media komik berbasis RME (Realistic Mathematics Education) dikatakan layak dan baik karena memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika. Eksakta, 2(1), 34–40.

Andriyani, J. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika E-Komik Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Himpunan Kelas Vii SMP. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8880%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/8880/1/JENNY SISQA ANDRIYANI.pdf

Anwar, S., & Junaedi, Y. (2021). PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN SELF CONCEPT SISWA SMP. GEOMATH, 2(1), 1-9.

Asnawati, A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Untuk Menggunakan Media Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Sd Negeri 63 Pekanbaru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 44–58. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3098

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dwi Utami, W. Y. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Permainan Teka-Teki. Jiv, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.1

Hanifah, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pembuatan Macam-Macam Macam Kampuh Menggunakan Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Dasar Menjahit Di Smkn 1 Sewon Teknologi.

Junaedi, Y., & Wahyudin, W. (2020, May). Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 196-202). Atlantis Press.

Junaedi, Yusup, and Wahyudin Wahyudin. "Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach." 4th Asian Education Symposium (AES 2019). Atlantis Press, 2020.

JUNAEDI, Yusup; WAHYUDIN, Wahyudin. Improving Student’s Reflective Thinking Skills Through Realistic Mathematics Education Approach. In: 4th Asian Education Symposium (AES 2019). Atlantis Press, 2020. p. 196-202.

Khoiriyah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs5 Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Hasyim Asy’ari Batu. Skripsi.

Kholil, M., & Safianti, O. (2019). Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246

Makarim, N., K, N. G., & Nufus, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game Himpunan Dungeon Pada Siswa Kelas Vii Smpn 1 Citeureup Menggunakan Genially. Jurnal Wilangan, 4(2).

Negara, H. S. (2017). Penggunan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., Sifa, U. N., & Tangerang, U. M. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.

Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Purniasih, N. M., Redana, M., & Wijaya, I. komang W. B. (2021). Penggunaan media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Matematika Siswa di SD Negeri 2 Tonja Denspasar Bali. WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 5(2), 121–128. http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/widyacarya/article/view/1143

Putri, A. K., & Hidayati, K. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 97–106. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.14

Ratna Dwi Utami. (2020). Pengembangan Media Komik Matematika Realistik Materi Aritmetika Sosial Pada Siswa Kelas Vii SMPN 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2020/2021. Institut Agama Islam Negeri, 259.

Rumiati. (2012). Kedudukan Matematika dalam Ilmu Pengetahuan. http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/artikel/2012/04/06/kedudukan-matematika-dalam-ilmu-pengetahuan/

Sulistyaningsih. (2011). Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif-Kualitatif. Graha Ilmu.

Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Widayati, E. W. (2022). Pembelajaran Matematika di Era “Merdeka Belajar”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(01), 01–10. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1




DOI: http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v4i4.21904

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (cetak) dan Jurnal Untirta (eprint).

Alamat Penerbit: Jl. Ciwaru Raya No.25, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kampus Ciwaru, Serang, Banten, Indonesia. Telepon / Faks: (0254) 280330 Ext 111, Email: wilangan@untirta.ac.id |Klik untuk mengakses: Wilangan Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika